Breaking News:

Menggali Potensi Sumber Pangan Lokal untuk Masa Depan Lewat Program IRN

Kekayaan sumber pangan Indonesia sangat beragam. Bahkan tak sedikit di antara beragamnya sumber pangan itu mempunyai khasiat tertentu bagi Kesehatan.

Alex Suban/Alex Suban
Sumber pangan lokal yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM - Kekayaan sumber pangan Indonesia sangat beragam. Bahkan tak sedikit di antara beragamnya sumber pangan itu mempunyai khasiat tertentu bagi Kesehatan.

Demikian dikatakan Ketua Tim Pakar Program Indofood Riset Nugraha (IRN), Purwiyatno Hariyadi, saat peluncuran program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2021/2022 dengan tema Penelitian Milenial Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal pada Era Pandemi COVID-19 yang dilakukan secara daring belum lama ini.

"Sebut saja tempe, kunyit, jahe, daun kelor dan minyak kayu putih yang mengandung bioaktif berkhasiat," ucap Purwiyatno Hariyadi

Pada masa pandemi, sumber pangan lokal tersebut justru mendunia karena memberikan dampak pada peningkatan daya tahan tubuh melawan COVID-19.

“Penelitian pangan, gizi dan kesehatan terbaru menunjukkan bahwa pangan mempunyai fungsi lain, selain fungsi gizi, yaitu memberikan khasiat menjaga kesehatan bahkan bisa meningkatkan kesehatan."

"Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa atau komponen tertentu selain gizi yang mempunyai khasiat tertentu bagi kesehatan," katanya.

Baca juga: Konsumsi Herbal Jadi Trend di Masa Pandemi, Penjualannya Meningkat 30 Persen

Tentang program IRN,  Indofood  memberikan kesempatan kepada mahasiswa S1 untuk menggali, mengidentifikasi, membudidayakan dan memasarkan berbagai kekayaan lokal yang penting dan berharga sebagai pangan fungsional.

"Inilah tantangan sekaligus peluang yang kami berikan kepada mahasiswa,” ujarnya.

Program IRN yang merupakan program Corporate Social Responsibility Indofood pilar Building Human Capital, terbuka bagi mahasiswa S1 yang tengah menyelesaikan tugas akhirnya dan berasal dari berbagai jurusan.

Objek penelitian adalah sumber daya alam hayati yang berasal dari produk pertanian, pekebunan, kehutanan, perikanan, kelautan, perternakan dan air lokal.

Baca juga: Aman di Kulit, Ketahui Manfaat Sabun Wajah Berbahan Herbal Berdasar Variannya

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved