Anak Tak Nafsu Makan? Tenang, Bunda Bisa Pakai Trik Ini

Tidak nafsu makan pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain gangguan psikologis seperti stress, ini cara mengatasinya.

IST
ILUSTRASI nafsu makan anak. Tidak nafsu makan pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain gangguan psikologis seperti stress atau pegalaman makan yang tidak menyenangkan bagi anak. 

TRIBUNNEWS.COM- Bunda pasti kepikiran saat anak tidak nafsu makan. Bagaimana mengatasinya?

Sebagian anak hanya mau mengkonsumsi makanan tertentu (makan sedikit), atau terlalu lama dalam mengunyah, ada pula yang menolak untuk makan sama sekali.

Apabila hal ini tidak segera ditangani dengan baik, maka dapat berpotensi menyebabkan kekurangan gizi atau nutrisi pada anak.

Selain itu, berat badan kurang berdasarkan usia (underweight) merupakan resiko lainnya yang berpotensi dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak.

Menurut data Riskesdas, prevalensi underweight mengalami peningkatan dari 16,3 persen menjadi 17% pada 2019.

Meski angka tersebut sudah tak masuk kategori serius seperti tahun sebelumnya, tetap memerlukan penanganan yang serius, khususnya pada anak usia 1 sampai 5 tahun yang sedang mengalami proses tumbuh kembang dan sangat membutuhkan asupan gizi sempurna.

Penyebab Anak Tak Nafsu Makan

Tidak nafsu makan pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain gangguan psikologis seperti stress atau pegalaman makan yang tidak menyenangkan bagi anak.

Bisa juga disebabkan oleh gangguan kesehatan seperti cacingan,  anemia, atau adanya masalah pada sistem pencernaan anak.

Selain itu, anak juga bisa menolak makan karena tidak menyukai jenis makanan tertentu contohnya sayur-sayuran karena rasanya yang hambar.

Padahal sayuran mengandung vitamin, mineral, dan asam folat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Trik Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Adapun hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi anak tidak nafsu makan adalah dengan cara:

1. Membuat variasi dan tampilan makanan yang menarik
Sajian dengan beragam bentuk dan warna akan menarik perhatian anak sehingga dapat membuat waktu makan menjadi menyenangkan.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved