Bursa Capres

Pengamat Soal Pertemuan Airlangga-Prabowo Subianto: Sangat Mungkin Penjajakan 2024 Dilakukan

Pertemuan antara Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto menurut pengamat Adi Prayitno bisa dibaca sebagai penjajakan Golkar dan Gerindra di 2024.

Penulis: Reza Deni
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto di Kantor Kemenko Perekonomian pada Senin (19/09) sore di Jakarta. Kedua tokoh ini, Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto sangat mungkin bekerja sama di 2024, semuanya bisa terjadi di politik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bisa dibaca sebagai penjajakan antara Golkar dan Gerindra di Pemilu 2024.

"Kedua tokoh ini, Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto sangat mungkin bekerja sama di 2024. Semuanya bisa terjadi di politik," kata Adi saat dihubungi Tribunnews, Kamis (22/9/2022).

Adi memahami bahwa keduanya memang sudah memiliki koalisi masing-masing dan digadang-gadang akan dicapreskan oleh koalisinya.

"Sampai saat ini Prabowo dan Airlangga sama-sama ingin maju tapi belum punya pasangan. Perahunya ada tapi pasangannya belum dipastikan," kata dia.

Dia mengatakan siapa yang bisa membayangkan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto yang dulunya rival bisa bekerja sama ke depannya.

"Sangat mungkin penjajakan ini bisa dilakukan oleh keduanya. Siapa yang tahu di kemudian hari KIB bisa melebur dengan Gerindra dan PKB, karena kan sama-sama partai pendukung Presiden Jokowi," ujar dia.

Adi menilai antara KIB dan poros Gerindra-PKB tak memiliki kecenderungan rivalitas yang ekstrem.

"Bahlan satu sama lain saling mensupport, dan  narasi isunya hampir sama: menolak politik identitas, anti polarisasi, dan melanjutkan perjuangan Jokowi," kata dia.

"Yang beda dari poros ini ya mereka punya jagoan masing-masing. Tapi jagoan masing-masingnya pun cair begitu," pungkas Adi.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto di Kantor Kemenko Perekonomian , pada Senin (19/9/2022).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved