Ramadan 2015

Jurus Kapolda Ciptakan Keamanan di Masyarakat Selama Ramadan

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya berusaha menciptakan keamanan dan kenyamanan untuk umat Islam

Jurus Kapolda Ciptakan Keamanan di Masyarakat Selama Ramadan
Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya berusaha menciptakan keamanan dan kenyamanan untuk umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadan.

Menurutnya, jangan sampai puasa umat Islam terganggu oleh penyakit masyarakat dengan adanya sweeping ormas di tempat-tempat hiburan malam.

"Dari awal puasa kita sudah antisipasi apa yang akan mengancam selama ramadan," kata Tito dalam diskusi bertema 'Keamanan Jelang Lebaran' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7/2015).

Tito menjelaskan, strategi pertama yang dilakukan pihaknya untuk menciptakan keamanan adalah membangun komunikasi dengan pemerintah daerah terkait aturan bagi tempat-tempat hiburan malam yang berpotensi menimbulkan masalah di masyarakat.

"Saya minta kepala dinas pariwisata menjelaskan aturan-aturan tempat hiburan yang boleh buka dan tidak boleh buka," tuturnya.

Menurut Tito, setelah mendapatkan pemahaman dari Pemda, maka pihaknya akan meneruskan aturan-aturan tersebut ke organisasi masyarakat yang berpotensi melakukan sweeping terhadap tempat hiburan malam.

"Kepada rekan ormas kita bangun komunikasi. Kita jelaskan apa aturan pemda terkait tempat hiburan," ujarnya.

Masih kata Tito, pencegahan paling penting untuk dilakukan, dan komunikasi merupakan cara yang pas untuk mendukung pencegahan terjadinya ancaman keamanam. Menurutnya, pihaknya juga meneruskan aturan pemda terkait tempat hiburan malam kepada jajaran Polres, Polsek dan juga Binmas.

"Langkah yang kami lakukan adalah buat tim penertib. Kita rangkul satpol pp dan ormas," tandasnya.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Gusti Sawabi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved