Program Community Plumbing Challenge 2017 Sukses Berikan Dampak Kesehatan dan Sanitasi di Indonesia

Indonesia menjadi negara ketiga menjadi tuan rumah Community Plumbing Challenge, setelah sebelumnya India pada tahun 2015 dan Afrika Selatan pada tahu

Program Community Plumbing Challenge 2017 Sukses Berikan Dampak Kesehatan dan Sanitasi di Indonesia
ist
Program Community Plumbing Challenge 2017 Sukses Berikan Dampak Kesehatan dan Sanitasi di Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Indonesia menjadi negara ketiga menjadi tuan rumah Community Plumbing Challenge, setelah sebelumnya India pada tahun 2015 dan Afrika Selatan pada tahun 2016.

Pekerja magang dan profesional muda yang mewakili berbagai negara termasuk Indonesia bergabung untuk membentuk kerjasama internasional jangka panjang memberikan perbaikan infrastruktur dan fasilitas sanitasi di daerah Cicau, Cikarang.

CPC2017 yang merupakan inisiatif dari Yayasan International Water Sanitation and Hygiene (IWSH) bekerjasama dengan PT IAPMO Group Indonesia disajikan dalam dua bagian - “Design Week” pada bulan Agustus yang lalu dan “Construction Week” mulai tanggal 9 November sampai 15 November 2017.

Rabu (15/11/2017) kemarin, adalah hari terakhir dimana seluruh kegiatan CPC2017 sudah sukses dilaksanakan. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di SDN 02 Cicau Cikarang meliputi pembangunan toilet baru, sanitasi air yang baik, tempat mencuci tangan serta membuat tempat penampungan air bersih yang baru.

Managing Director IWSH, Megan Lehtonen disela-sela Press Conference yang diadakan Rabu lalu di kantor IAPMO Group Indonesia mengatakan bahwa CPC 2017 merupakan program IWSH yang jangkauannya sangat luas dan penuh ambisi.

"Dengan mengumpulkan para pemuda berbakat dari seluruh dunia ke SDN 02 Cicau Cikarang untuk menyediakan air bersih dan sanitasi yang sehat serta mengajar pada anak-anak sekolah dan penduduk desa tentang betapa pentingnya sistem plambing bagi kesehatan," ungkap Megan Lehtonen.

Selain itu diselenggarakan pula pengobatan gratis, penyuluhan tentang pentingnya mencuci tangan untuk kesehatan di Balai Desa Cicau Cikarang.

Sementara itu, Sean Kearney sebagai  Project Manager International IWSH juga menyampaikan betapa menarik dan inspiratif kegiatan CPC2017 di Indonesia, karena selain membantu pelaksanaan CPC2017 di SDN Cicau 02, IAPMO Group Indonesia juga membantu IWSH untuk melakukan kegiatan kemanusiaan yang sesuai dengan tujuan utama IWSH di Indonesia.

"Kegiatan tersebut diantaranya meliputi pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan kepada para siswa sekolah, pelatihan dan training para guru dan siswa di SMK, serta menginspirasi pembentukan Asosiasi Plambing Indonesia yang didukung oleh beberapa perusahaan. Hal ini sangat baik untuk kelanjutan proyek IWSH di masa mendatang di Indonesia," jelas Sean Kearney.

CPC2017 juga mengadakan kegiatan training pada tanggal 14 November 2017 kepada beberapa guru SMK negeri Jakarta dikarenakan saat ini hanya 2% bangunan di Indonesia yang menerapkan sistem plambing yang sesuai.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved