Breaking News:

Asian Games 2018

Dinsos DKI Jakarta Bakal Tertibkan Pengamen Ondel-ondel Jelang Asian Games 2018

Pihaknya akan melakukan pembinaan kepada pengamen ondel ondel yang masih beroperasi di seputaran wilayah Ibu Kota jelang Asian Games

Tribunnews/JEPRIMA
Ondel-ondel bermain sepak bola dalam meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-491 DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Taman Impian Jaya Ancol di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/6/2018). Acara yang diramaikan oleh 50 pasang ondel-ondel dari berbagai sanggar Betawi di Jakarta tersebut disambut antusian oleh pengunjung pantai Lagoon Ancol. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang Asian Games 2018, Dinas Sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya menjaga ketertiban serta kenyamanan para wisawatan asing dan atlet yang hadir.

Untuk itu, selama digelarnya pesta olahraga akbar se-Asia akan digencarkan penertiban penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Baca: Tak Terima Diputus Pacar, Pria Berusia 37 Tahun Ini Coba Bunuh Diri Tenggak Racun Serangga

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah pihaknya akan melakukan pembinaan kepada pengamen ondel ondel yang masih beroperasi di seputaran wilayah Ibu Kota jelang Asian Games.

"Itu termasuk yang kita tertibkan (pengamen ondel ondel) jadi nanti barang-barang mereka kita amankan dan lakukan pembinaan. Setelah selesai pembinaan mereka bisa mengambil alat mereka tapi tidak boleh mengamen lagi," katanya kepada wartawan TribunJakarta.com, di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

Irmansyah melanjutkan bahwa pengamen dengan ondel ondel yang diarak itu mengganggu lingkungan sekitarnya.

"Itu kan konteksnya lingkungan jadi terganggu, kalau ingin melestarikan budaya kan banyak cara lain. Mereka bisa ke tempat tempat yang sudah ditetapkan oleh pariwisata budaya. Mengamen dengan ondel ondel di jalan bukan menjadi alasan," katanya.

Baca: Zulkifli Hasan Pimpin Pengambilan Sumpah Anggota MPR Pengganti Antar Waktu

Pasalnya pengamen ondel ondel, lanjut Irmansyah, kerapkali meresahkan masyarakat.

"Kalau mereka jalan suara mengganggu, dan lalu lintas terganggu juga karena memakan badan jalan ondel ondelnya. Mengintimidasi orang orang juga seolah olah mereka meminta juga seperti memaksa," katanya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Dinas Sosial DKI Jakarta Ancam Amankan Pengamen Ondel Ondel Selama Asian Games 2018

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved