Protes Pembangunan Runway 3, Warga Tutup Paksa Jalan Perimeter Utara Bandar Soetta

Hal itu dilakukan warga sebagai bentuk protes yang menuntut keadilan pihak PT. Angkasa Pura II soal pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta

Protes Pembangunan Runway 3, Warga Tutup Paksa Jalan Perimeter Utara Bandar Soetta
TRIBUN JAKARTA/EGA ALFREDA
Warga memprotes penutupan Jalan Perimeter Utara oleh Angkasa Pura I, Senin (24/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Warga Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang melakukan penutupan paksa Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta.

Hal itu dilakukan warga sebagai bentuk protes yang menuntut keadilan pihak PT. Angkasa Pura II soal pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Baca: Ulah Seekor Ular Ini Membuat Listrik se-Kabupaten Padam

Dari pantauan TribunJakarta.com, Jalan Perimeter Utara dari ujung M1 hingga titik tengah perimeter ditutup oleh warga menggunakan tumpukan kayu, potongan pohon pisang, hingga memalangkan sepeda motor di tengah jalan.

Spanduk besar berwarna kuning bertuliskan keluhan warga yang terdampak pembangunan Runway 3 menghiasi Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta.

Kondisi Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Kondisi Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI)

"Harga Mati.....!!!!! Bayarkan hak kami, eksekusi bukan solusi jika terjadi... Bahkan kami siap mati untuk pertahankan tanah kelahiran kami," begitu tulisan di spanduk unjuk rasa warga di Jalan Perimeter Selatan.

Sedangkan di Jalan Perimeter Utara tertulis spanduk, "AMDAL DIMANA...? Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta tak memberikan kesejahteraan dan memarjinalkan masyarakat Rawa Rengas."

Saking rapatnya penyekatan, kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

Akibatnya, kendaraan dari arah Bandara Soekarno-Hatta yang mau menuju Tangerang harus memutar jalur ke arah Bojong Renged.

"Jadi kalau kami ini tetap unjuk rasa ke Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta. Menuntut agar tanah kami cepat dibayarkan atau hak-hak kami ini cepat dibereskan, karena selama ini kami merasa dirugikan dengan adanya pembangunan runway 3 ini," kata Wawan Setiawan selaku koordinator unjuk rasa di lokasi, Senin (24/6/2019).

Pasalnya, menurut Wawan, selama pembangunan Runway 3, warga Rawa Rengas dirugikan bukan hanya dari segi materi.

Halaman
123
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved