Breaking News:

Gubernur Anies Berencana Larang Angkutan Umum Berusia Lebih dari 10 Tahun Beroperasi di Jakarta

Ingub ini sendiri dibuat Gubenur Anies sebagai langkah Pemprov DKI Jakarta demi mengurangi polusi udara di ibukota.

Wartakota/henry lopulalan
Foto ilustrasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Anies Baswedan meminta kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk segera melakukan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada tahun 2020 mendatang.

Hal ini tertuang dalam instruksi gubernur (Ingub) nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara yang dikeluarkan pada 1 Agustus 2019.

Ingub ini sendiri dibuat Gubenur Anies sebagai langkah Pemprov DKI Jakarta demi mengurangi polusi udara di ibukota.

"Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, agar mempercepat peremajaan 10.047 (sepuluh ribu empat puluh tujuh) armada bus kecil, sedang, dan besar melalui integrasi ke dalam Jak Lingko pada 2020," demikian isi Ingub tersebut seperti dikuti TribunJakarta.com, Jumat (2/8/2019).

Baca: Pesan Istri Agung Hercules untuk Penggemar dan Sahabat Suaminya Disampaikan oleh Sinyorita

Baca: Jenazah Agung Hercules Dimakamkan Hari Ini

Baca: Dua penyandang disabilitas parah terpilih menjadi anggota parlemen Jepang

Peremajaan ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya angkutan umum yang berusia lebih dari 10 tahun beroperasi di jalanan ibukota pada 2020 mendatang.

Selain itu, Anies juga meminta kepada kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk memperketat uji emisi yang dilakukan bagi seluruh angkutan umum.

"Memastikan tidak ada angkutan umum yang berusia di atas sepuluh tahun dan tidak lulus uji emisi beroperasi di jalan," tulis Ingub tersebut.

Sebelumnya, Anies berjanji akan segera mengumumkan langkah yang akan diambil oleh Pemprov DKI Jakarta guna mengurangi polusi udara di ibukota yang semakin memburuk.

Hal ini ia sampaikan pada Rabu (31/7/2019) lalu usai menghadiri peringatan 150 tahun Mahatma Gandhi di kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami sedang siapkan (Ingub), kalau sudah lengkap akan kami umumkan langkah-langkah yang akan kami gunakan untuk menangani ini," ucapnya kepada awak media.

"Ujungnya nanti menyangkut pada sumber-sumbernya dan itu menyangkut pada masalah lalu lintas," tambahnya.

Berita Populer
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved