Besarnya Anggaran DKI Jakarta, Jadi Alasan Bekasi Mau Bergabung

Selain soal aspek anggaran, Bekasi dan Jakarta juga disebut punya kedekatan dari segi budaya, emosional dan topografi wilayah.

Besarnya Anggaran DKI Jakarta, Jadi Alasan Bekasi Mau Bergabung
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan besarnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI jadi salah satu hal yang menguatkan keinginan Bekasi gabung ke wilayah Jakarta.

Tak dipungkiri, antara Bekasi dan Jakarta memang punya perbedaan APBD yang begitu mencolok. APBD DKI tahun 2019 sebesar Rp77,9 triliun, berbanding anggaran daerah Kota Bekasi di tahun yang sama sebesar Rp6,6 triliun.

Artinya, anggaran belanja daerah Kota Bekasi cuma 8 persen dari anggaran Ibu Kota.

"Dari aspek percepatan pembangunan DKI juga mempunyai APBD yang begitu besar," ucapnya saat dihubungi, Rabu (21/8/2019).

Baca: Fadli Zon hingga Risma Kunjungi Asrama Mahasiswa Papua Surabaya: Siapa pun yang Datang Kami Tolak

Selain soal aspek anggaran, Bekasi dan Jakarta juga disebut punya kedekatan dari segi budaya, emosional dan topografi wilayah.

Sehingga bila pemekaran dilakukan, menurut Rahmat Bekasi lebih berpotensi masuk ke dalam wilayah Jakarta. Bekasi dipandang lebih cocok masuk ke wilayah Jakarta Tenggara.

Hal lainnya ialah soal transportasi. DKI Jakarta memiliki akses yang memudahkan penduduknya berlalu lalang. Akses bagi warga Bekasi yang menuju Ibu Kota juga terus dibenahi.

Baca: Cara Membuat Visa Inggris untuk WNI, Bisa Mengajukan Secara Online

Satu hal pasti mengapa DKI mempunyai transportasi lebih baik dibanding Bekasi, tak lain karena mereka memiliki keuangan besar sumber dari mobilitas pajak setiap daerah.

"Kita lebih berpotensi umpamanya membangun provinsi atau bergabung dengan DKI Jakarta," ujarnya.

Namun, ia mengaku penggabungan Bekasi masuk ke wilayah Jakarta baru sebatas wacana internal. Gagasan ini belum sampai pada tingkat pemerintah pusat yang memiliki kewenangan mengurusinya.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved