Bertentangan dengan MA, Stiker Bagi Taksi Online Temui Jalan Buntu

Jika Gubernur DKI Anies Baswedan tetap mengatur pemberian stiker bagi taksi daring, maka hal itu tak sejalan dengan keputusan MA.

Bertentangan dengan MA, Stiker Bagi Taksi Online Temui Jalan Buntu
Wartakota/Henry Lopulalan
Petugas sosialisasikan perluasan ganjil-genap kepada pegendara mobil yang melintas di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin,(12/8/2019). Ganjil-genap akan diterapkan setiap Senin-Jumat pada pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB dan sore hari pukul 16.00-21.00 WIB du 25 lima titik jalan. (Wartakota/Henry Lopulalan) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemasangan penandan khusus berupa stiker bagi taksi daring sebagai pengecualian kendaraan terdampak kebijakan ganjil-genap terancam gagal. Pasalnya Mahkamah Agung (MA) selalu menolak pengaturan yang diajukan Kementerian Perhubungan terkait stiker tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Katanya, jika Gubernur DKI Anies Baswedan tetap mengatur pemberian stiker bagi taksi daring, maka hal itu tak sejalan dengan keputusan MA.

"Kedudukan hukum tertinggi ada di Mahkamah Agung. Artinya, kalau pak gubernur mengatur pemberian penandaan kan bertentangan dengan itu," ungkap Syafrin.

Apalagi, dalam ketentuan yang ada di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 (PM.118) tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus, tak disebut pengaturan terkait penanda khusus tadi.

Baca: Anies Baswedan Tampung Aspirasi Taksi Online untuk Evaluasi Sistem Ganjil Genap

Dengan adanya aturan yang bertentangan, membuat Pemprov DKI harus mencari solusi lain jika ingin melanjutkan pengaturan stiker khusus bagi taksi daring.

Kini, Dishub DKI sedang menjalin koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Darat dan Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas).

"Kita harapkan ada way out yang baik," ujar dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Perhubungan DKI memperluas kebijakan sistem ganjil-genap di jalanan Ibu Kota.

Halaman
123
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved