Dorong Publik Pakai Sepeda, Tak Lama Lagi Pemprov DKI Luncurkan Jalur Khususnya di Ibu Kota

Ia mau mendorong masyarakat bisa memakai sepeda ketimbang kendaraan bermotor pribadi untuk jarak-jarak yang memungkinkan ditempuh dengan bersepeda.

Dorong Publik Pakai Sepeda, Tak Lama Lagi Pemprov DKI Luncurkan Jalur Khususnya di Ibu Kota
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Anies Baswedan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Demi menggiatkan olahraga bersepeda sekaligus upaya memberdayakan alat transportasi tersebut dipakai untuk aktivitas masyarakat Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI tak lama lagi akan luncurkan jalur-jalur sepeda di Jakarta.

Hal ini diungkap oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

"Tidak lama lagi kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti di Jakarta lebih banyak lagi, menggunakan sepeda," ungkap Anies.

Ia mau mendorong masyarakat bisa memakai sepeda ketimbang kendaraan bermotor pribadi untuk jarak-jarak yang memungkinkan ditempuh dengan bersepeda.

Sebab menurutnya sepeda bukan saja dipandang sebagai salah satu alat olahraga, tapi juga alat transportasi yang berimplikasi pada kegiatan gerak badan menyehatkan tubuh.

"Untuk jarak-jarak tempuh yang memungkinkan dengan sepeda kita mendorong masyarakat menggunakan sepeda," jelas dia.

Baca: Veri Junaidi Sarankan Revisi UU Pilkada

Oleh karenanya, dalam rangka mewujudkan peningkatan masyarakat bersepeda dalam aktivitasnya, saat ini Pemprov DKI sedang memasifkan pembangunan tempat-tempat parkir kendaraan roda dua tak bermotor itu.

"Itu artinya kita sedang membangun tempat parkir sepeda lebih banyak lagi. Gedung-gedung milik swasta, diharapkan membangun tempat parkir sepeda lebih banyak. Dengan begitu memudahkan," terang dia.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarya Syafrin Liputo menyebut pada hari Kamis pekan ini, Gubernur DKI Anies Baswedan bakal mengumumkannya secara resmi. Sementara untuk ujicoba lintasannya akan dilaksanakan pada keesokan harinya, Jumat.

Tapi Syafrin belum bisa mengungkap panjang kilometer ruas jalan yang dibuatkan jalur khusus sepeda tersebut.

Namun untuk keamanannya, jalur lintasan sepeda ini akan dibatasi dengan marka, serta traffic cone.

"Itu akan diumumkan Pak Gubernur hari Kamis, nanti kita akan press conference hari Kamis untuk itu. Nanti, soal jalur bersepedanya hari Jumat," sebut Syafrin.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved