16 Jam Operasi Pemisahan Ardi dan Ardan, Dipisah Bagian Dada, Perut Hingga Hati

Pertama akan dimulai dengan tahapan persiapan operasi yakni bius yang akan memakan waktu lebih lama karena kondisi bayi.

16 Jam Operasi Pemisahan Ardi dan Ardan, Dipisah Bagian Dada, Perut Hingga Hati
kitabisa.com
Bayi kembar siam berusia satu tahun, Ardi dan Ardan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Bayi kembar siam Ardi dan Ardan yang mengalami dempet perut dan sebagian dada dengan kelainan hati yang menyatu dibagian tengahnya akan menjalankan operasi pemisahan.

Operasi diperkirakan akan berlangsung selama 16 jam di RS Anak Bunda Harapan Kita pada 16 November 2019 mendatang yang akan melibatkan sekitar 30 dokter dengan spesialisasi yang berbeda.

Dokter Penangung Jawab Ardi Ardan dari RSAB Harapan Kita, dr. Alexandra, Sp. BA menjelaskan operasi akan berjalan panjang karena setiap tahapan akan memakan waktu yang lama.

Pertama akan dimulai dengan tahapan persiapan operasi yakni bius yang akan memakan waktu lebih lama karena kondisi bayi.

“Kita akan pasang selang infusnya di beberapa tempat. Kalau membius anak yang telentang kan mudah, kalau ini kan harus miring itu kan tantangan sendiri itu kita siapkan waktu seperempat jam,” papar dr. Alex saat ditemui di RSAB Harapan Kita, di Jakarta Barat, Senin (4/10/2019).

Konferensi pers rencana operasi pemisahan Ardi dan Ardan di Rumah Sakit Anak
Konferensi pers rencana operasi pemisahan Ardi dan Ardan di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin (4/11/2019). (Apfia Tioconny Billy/Tribunnews.com)

Kemudian dokter spesialis anak akak memulai dengan operasi pemisahan bagian-bagian yang menempel, kemudian akan dilanjutkan dengan operasi di bagian dada karena ada tulang bawah yang menempel dan setelah pemisahan itu hati.

“Hatinya satu-satu tapi ada pembuluh darah yang menyilang di dalam hati yang akan kita putuskan,” papar dokter Alex.

“Kita potong hati di bagian ditengahnya jadi tidak yang ukuran bayinya lebih besar dapat hati lebih besar,” pungkas dr. Alex.

Baca: Sejak Hamil Tahu Bayinya Kembar Siam, Sang Ibu Tak Sanggup Ceritakan Suka Duka Merawat Ardi Ardan

Baca: Harapan Ibu Tien Ciptakan Manusia Indonesia Unggul Diwujudkan Pak Harto dengan RS Harapan Kita

Baca: Kepala Bayi Bisa Peyang Gara-gara Tidur Miring?

Kemudian setelah berhasil dipisahkan masuk ke tahapan selanjutnya yakni menutup bagian perut yang bolong dengan mendekatkan perut kanan dan kiri dengan alat tertentu,

Halaman
12
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved