Atap JPO Sudirman Dicopot atas Perintah Anies Baswedan, Pengamat: Kenapa Dibongkar demi Selfie?

Pengamat memberi kritikan terhadap pencopotan atap JPO di jalan Sudirman, dirinya menyayangkan pencopotan hanya demi selfie

Atap JPO Sudirman Dicopot atas Perintah Anies Baswedan, Pengamat: Kenapa Dibongkar demi Selfie?
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga berswafoto di jembatan penyeberangan orang (JPO) yang tidak beratap di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memerintahkan bawahannya untuk membongkar atap JPO tersebut dengan tujuan agar pejalan kaki dapat melihat pemandangan Jakarta dari sisi lain. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna memberi kritikan terkait pencopotan atap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman.

Yayat menilai alasan pencopotan JPO untuk dijadikan sebagai tempat berfoto tidak tepat.

Menurutnya JPO adalah sarana yang digunakan untuk menyeberang, bukan untuk tempat foto-foto.

Ia mengawatirkan JPO tersebut akan licin dan menimbulkan korban ketika hujan tiba.

“Kenapa harus dibongkar hanya demi selfie? Apakah kita menjual tempat? Kalau hujan dan licin, yang akan tanggung jawab siapa?” ujar Yayat ketika dihubungi, Kamis (7/11/2019), dikutip dari laman Kompas.com (7/11/2019).

Yayat juga menambahkan jika JPO tersebut seharusnya memiliki fungsi menghubungkan antara satu fungsi bangunan dengan fungsi lainnya.

Baca: Pandji Sebut Warga Bisa Lewat Stasiun MRT Jika Ingin Teduh, Yunarto Wijaya: Keren deh Anies Pokoknya

Ia kembali menegaskan jika orang menyeberang melalui JPO karena kebutuhan, kepentingan, dan untuk memangkas waktu serta memudahkan perjalanan.

Menurut Yayat, sudah seharusnya JPO memiliki fungsi melindungi, mengamankan, dan menjadikan nyaman para pengguna JPO.

Ia berharap pemerintah bisa memberi rasa aman kepada pejalan kaki yang menggunakan JPO agar nyaman saat kondisi cuaca panas maupun hujan.

“Kalau tiru negara lain, negara lain sejuk, jarang hujan. Kita tiap musim hujan tiap hari hujan. Kalau panas tiap hari panas. Orang cuma pengen aman, nyaman, nggak minta apa-apa,” kata dia.

Warga melintas di jembatan penyeberangan orang (JPO) yang tidak beratap di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memerintahkan bawahannya untuk membongkar atap JPO tersebut dengan tujuan agar pejalan kaki dapat melihat pemandangan Jakarta dari sisi lain. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga melintas di jembatan penyeberangan orang (JPO) yang tidak beratap di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memerintahkan bawahannya untuk membongkar atap JPO tersebut dengan tujuan agar pejalan kaki dapat melihat pemandangan Jakarta dari sisi lain. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)
Halaman
1234
Penulis: Nuryanti
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved