Breaking News:

Takut Pengamen Ondel-ondel Menjamur, Haji Lulung Minta Anies Ambil Langkah Dini

Sebab ia khawatir jika dibiarkan, penyalahgunaan kesenian Betawi bisa menjamur dilakukan oleh ribuan oknum di Jakarta.

zoom-inlihat foto Takut Pengamen Ondel-ondel Menjamur, Haji Lulung Minta Anies Ambil Langkah Dini
Warta Kota/henry lopulalan
Pengamen ondel-ondel beraksi di tengah keramaian Jalan Bekasi Barat, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2019). Ondel-ondel sebagai kebudayaan Betawi yang sekarang banyak dimainkan berbagai tempat untuk mencari uang recehan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Warta Kota/henry lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Abraham Lunggana (Lulung) minta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tertibkan mereka yang gunakan ondel-ondel secara ilegal untuk mengamen.

Pasalnya, setelah dilakukan inventarisir, ternyata mereka bukan berasal dari sanggar-sanggar yang dikelola Bamus Betawi.

"Kami sudah menginventarisasi sanggar-sanggar. Yang ngamen itu bukan sanggar semua. Saya mau itu ditertibkan oleh gubernur, karena itu di luar sanggar," kata Haji Lulung di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Baca: Soal Anggaran Komputer DKI Jakarta Rp 128 Miliar, Cinta Mega Sayangkan Tagline Anthony: Menyesatkan

Anggota DPR RI ini menyebut harus ada pencegahan sedari dini. Sebab ia khawatir jika dibiarkan, penyalahgunaan kesenian Betawi bisa menjamur dilakukan oleh ribuan oknum di Jakarta.

"Makanya harus ada pencegahan sejak dini. Kalau terus menerus dibiarkan, bayangkan saja nanti ada berapa ribu ondel-ondel yang di Jakarta," ucap Lulung.

Anies pun diminta menertibkan mereka. Soal pembinaan terhadap mereka yang ditertibkan, diserahkan seluruhnya kepada sang gubernur.

"Polanya bagaimana diserahkan ke gubernur," pungkas dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved