Tahun Baru 2020

Kawasan Bundaran HI Jadi Prioritas Pengamanan Polisi di Malam Tahun Baru 2020

Polda Metro Jaya masih mengandalkan Operasi Lilin Jaya 2019 yang berlangsung sejak tanggal 23 Desember kemarin.

Kawasan Bundaran HI Jadi Prioritas Pengamanan Polisi di Malam Tahun Baru 2020
Tribunnews.com/Lusius Genik
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya masih mengandalkan Operasi Lilin Jaya 2019 yang berlangsung sejak tanggal 23 Desember kemarin, dalam rangka mengamankan jalannya perayaan pergantian tahun di wilayah Ibu Kota.

Pihak kepolisian sendiri, dalam operasi pengamanan ini  diketahui mengerahkan sebanyak sekira 10 ribu personel serta menyediakan puluhan pos pengamanan dan pos pelayanan di sejumlah lokasi di Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan, pengamanan malam tahun baru pada hari ini, Selasa (31/12) akan berlangsung lebih ketat dari pada biasanya.

Pihak kepolisian juga telah menetapkan dua lokasi yang menjadi skala prioritas pengamanan, yakni kawasan Bundaran HI dan acara nikah masal yang digelar Pemprov DKI di balaikota Jakarta.

"Dua skala prioritas, yang paling ketat pengamanannya yakni di Bundaran HI karena ada beberapa artis di sana."

"Yang kedua di depan kantor gubernur karena ada kegiatan nikah masal yang diikuti 3000 pasangan. Ini nanti akan menjadi skala prioritas pengamanan malam tahun baru," kata Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

Baca: Instalasi Gabion di Bundaran HI Bikin Anak Buah Anies Berbantah-bantahan

Tak hanya itu, destinasi wisata favorit warga Ibu Kota di malam tahun seperti Taman Impian Jaya Ancol, TMII, Monas, dan yang lainnya pun turut mendapatkan pengamanan yang ketat.

Dalam hal ini pihak kepolisian sendiri mengklaim tak ingin terjadi hal yang tak diinginkan di malam tahun baru ini, sehingga memperketat pengamanan merupakan keutamaan.

Yusri menambahkan pihak kepolisian pun sejak pagi sekira pukul 07:00 WIB tadi mulai melakukan apel kesiapan pasukan di sejumlah lokasi yang menjadi skala prioritas pengamanan di malam pergantian tahun ini.

"Kita sudah menempati bit-bit yang ada termasuk yang di Ancol itu, dari pagi sudah apel di sana karena memang mulai pagi itu sudah banyak kegiatan berlangsung di sana jelang perayaan tahun baru," tutur Yusri Yunus.

"Dan juga sejak pagi anggota sudah stand by di pospam dan pos pelayanan masyarakat yang disiapkan di sana," tambahnya.

Selain itu pihak kepolisian juga mengambil langkah antisipatif guna untuk menciptakan kondisi yang kondusif di Ibu Kota saat malam tahun baru.

Langkah tersebut diantaranya dengan pihak kepolisian melakukan operasi yang menyasar penyakit masyarakat, yang di dalamnya adalah pengamanan narkoba, kemudian miras, dan termasuk melakukan pemeriksaan di beberapa tempat hiburan malam.

"Itu adalah upaya-upaya kita untuk menekan peredaran narkoba pada saat malam tahun baru nantinya," tandas Yusri.

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved