Komplotan Curanmor di Jelambar Disebut Lihai, Survei Wilayah Incaran Hingga Manfaatkan Jaket Ojol

Selain membawa senjata api rakitan dan jimat, pelaku juga selalu menyurvei situasi di lokasi yang akan dijadikan sasaran pencurian

Komplotan Curanmor di Jelambar Disebut Lihai, Survei Wilayah Incaran Hingga Manfaatkan Jaket Ojol
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Polisi saat merilis kasus curanmor yang membawa pistol rakitan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (4/2/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi menembak mati Heriyanto (46), spesialis pencuri sepeda motor yang telah beraksi sebanyak 51 kali dalam kurun waktu 4 bulan.

Selain membawa senjata api rakitan dan jimat, pelaku juga selalu menyurvei situasi di lokasi yang akan dijadikan sasaran pencurian

 Guna menghilangkan kecurigaan masyarakat, ia menggunakan jaket ojek online sebagai kamuflase. 

 

"Jadi sebelum pelaku lakukan aksi akan amati komplek sasaran, dia gunakan jaket ojol jadi masyarakat setempat tidak curiga," kata Arsya di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (4/2/2020).

Selain menyurvei lokasi, sadar akan banyaknya CCTV,  maka dalam setiap beraksi kelompok ini juga kerap mengenakan penutup wajah. 

"Modus tersangka melakukan kejahatan menyamar dengan menggunakan jaket ojek online dan terkadang menggunakan masker untuk menutup wajahnya dari CCTV," kata Arsya. 

Ditangkap Saat Akan Beraksi

Arsya menjelaskan, Heriyanto dan kedua rekannya yakni Andiyanto (31) dan JR  (28) dibekuk di kawasan Semeru, Grogol, dini hari tadi.

Heriyanto tewas ditembak lantaran berusaha menyerang petugas dengan pistol rakitannya. Sedangkan kedua rekannya dilumpuhkan di bagian kaki.

"Ditangkap dini hari tadi, diduga mereka itu akan kembali beraksi," kata Arsya.

Arsya menuturkan, dalam kasus ini pihaknya masih memburu tersangka lain, termasuk Ibrahim yang juga ketua sindikat curanmor lawan kelompok Heriyanto, dimana keduanya sempat saling menodongkan pistol rakitan di kawasan Jelambar karena berebut lahan curian. 

Halaman
123
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved