Breaking News:

Serunya Memanen Aneka Sayuran Segar dari Kebun Hidroponik Hankook Tire di Desa Cicau

Ada ratusan batang sayuran segar terdiri dari pakcoi, selada air, bayam merah, dan sebagainya yang mereka panen lalu dikemas dalam wadah plastik.

IST
Kegiatan panen sayuran dari kebun hidroponik di program CSR Hankook Tire oleh warga Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi, Sabtu (20/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belasan ibu rumah tangga berbusana hijab pagi itu terlihat bersemangat memetik aneka sayuran segar dari papan-papan pipa paralon berwarna putih yang dialiri air di Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi, Sabtu pagi, 22 Februari 2020.

Mereka saling berbagi tugas. Ada yang memetik sayuran, ada yang kebagian menyiapkan plastik kemasan dan label merek, ada juga yang kebagian menimbang.

Pemandangan pagi itu adalah kegiatan warga Desa Cicau memanen aneka sayuran hasil budidaya kebun hidroponik yang ditempatkan di halaman belakang salah satu pekarangan warga.

Ada ratusan batang sayuran segar terdiri dari pakcoi, selada air, bayam merah, dan sebagainya yang mereka panen dan kemudian dikemas dalam wadah plastik transparan, lalu ditimbang dan diberi stiker label sayuran hidroponik.

Usaha budidaya tanaman sayuran hidroponik ini merupakan buah dari kegiatan CSR PT Hankook Tire Indonesia bekerja sama dengan Dompet Dhuafa yang menyediakan pelatihan pengelolaan kebun hidroponik berikut tenaga pendampingnya.

Head of CSR Hankook Tire Indonesia, Ade Mahendra mengatakan, budidaya hidroponik ini dipilih untuk memberi dorongan kepada warga Cicau yang berada di belakang lokasi pabrik ban Hankook, mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

Kebun hidroponik2
Head of CSR Hankook, Ade Mahendra (kedua dari kanan) bersama Direktur Program Dompet Dhuafa Zainal Abidin (ketiga dari kanan) dan Kades Cicau Maman M Pahlevi (keempat dari kanan) dan warga di kegiatan panen sayuran hidroponik program CSR Hankook Tire di Desa Cicau, CIkarang Pusat, Bekasi, Sabtu (22/2/2020).

"Hari ini kita mencoba panen produksi kebun hidroponik yang kita gagas lebih dari enam bulan lalu. 
Program desa binaan ini kami mulai dari pembuatan kebun hidroponik yang kita rintis sejak Juli 2019," ujar Ade bersemangat.

Ade berharap, program ini berjalan kontinyu. 

Baca: Gara-gara Virus Corona, Konser BTS dan TWICE Batal, The Fact Music Awards Ditunda

"Tanaman hidroponik ini bisa menjadi solusi bagi warga untuk berkebun di lahan terbatas dan mendapatkan sumber pendapatan baru. Hasil penjualan program ini cukup bagus," ujar Ade.

Baca: Penjelasan Lengkap Dokter Spesialis Obstetri Tentang Berenang Bareng Lawan Jenis Sebabkan Kehamilan

"Kita ingin mulai dari yang kecil kecil dulu. Program ini diharapkan ditiru di desa lain. Dompet Dhuafa berperan memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan kebun hidroponik," imbuh Ade.

Kegiatan panen sayuran dari kebun hidroponik program CSR Hankook Tire di Desa Cicau, CIkarang Pusat, Bekasi, Sabtu (22/2/2020).
Kegiatan panen sayuran dari kebun hidroponik program CSR Hankook Tire di Desa Cicau, CIkarang Pusat, Bekasi, Sabtu (22/2/2020). (IST)
Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved