Breaking News:

Pemprov DKI Jakarta Tolak Permohonan SIKM Untuk Tujuan Perjalanan Sebagai Warga Pendatang

DPMPTSP DKI Jakarta masih menemukan banyak permohonan pembuatan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ibu kota yang tak sesuai ketentuan.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta masih menemukan banyak permohonan pembuatan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ibu kota yang tak sesuai ketentuan.

Banyak dari mereka yang mengajukan permohonan dengan tujuan sebagai warga pendatang, serta tidak punya pekerjaan pada 11 sektor yang diizinkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020.

"Masih banyaknya ditemukan permohanan perizinan SIKM dengan tujuan perjalanan sebagai warga pendatang di DKI Jakarta dan tidak bekerja pada 11 sektor yang diizinkan," kata Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP DKI Jakarta Rinaldi kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Tak cuma itu, banyak pula warga domisili Bodetabek yang mengajukan izin SIKM ke Pemprov DKI untuk perjalanan ke luar Jabodetabek.

Baca: Sesali Perbuatannya, Dwi Sasono Ajak Pecandu Narkoba Mulai Hidup Sehat

Padahal hal tersebut tidak diatur dalam Pergub.

"Hal tersebut tidak diatur dalam Pergub 47/2020 sehingga permohonannya, ditolak," ungkapnya.

Permohonan SIKM bisa diajukan melalui website corona.jakarta.go.id. Pemohon dipersilakan mengakses website tersebut dan mengikuti langkah serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Usai rampung, permohonan tersebut nanti akan diteruskan dan diproses melalui sistem aplikasi perizinan daring, JakEVO.

Baca: Petisi Tunda Masuk Sekolah Selama Pandemi Sudah Ditandatangani Lebih dari 97 Ribu Orang

Adapun ketentuan utama dalam perizinan SIKM merupakan dispensasi dari larangan keluar masuk DKI yang diberikan kepada orang, pelaku usaha, atau orang asing karena tugas dan kerjaannya masuk dalam 11 sektor yang diizinkan beroperasi selama PSBB.

Baca: Manfaat Almond untuk Si Kecil, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Optimalkan Kecerdasannya

Halaman
123
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved