Breaking News:

Aksi 1812

445 Orang Peserta Aksi 1812 Diamankan, Polri Sebut Sempat Telah Berikan Ruang Dialog

Kepolisian RI mengamankan sebanyak 445 orang peserta aksi 1812 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Jumat (18/12/2020)

Tribun Timur/ Fahrizal Syam
Brigjen Pol Rusdi Hartono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian RI mengamankan sebanyak 445 orang peserta aksi 1812 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Jumat (18/12/2020) kemarin.

Karo Penmas Polri Brigjen Polisi Rusdi Hartono menyampaikan kepolisian telah memberikan ruang dialog kepada peserta aksi 1812 sebelum akhirnya mengamankan ratusan orang peserta aksi tersebut.

"Sebenarnya dari awal tentu kita lihat bahwa Polda Metro telah memberi ruang dialog. Ternyata kami dapat laporan keterbukaan Polda Metro itu kurang bisa disikapi positif kelompok ini. Sampai pembubaran kami melakukan dialog, dan ketika tidak direspon positif, kami lakukan pembubaran," kata Brigjen Rusdi dalam keterangannya, Sabtu (19/12/2020).

Hingga kini, pihaknya masih mendalami ratusan peserta aksi 1812 yang diamankan oleh Polri.

Sebaliknya, pihaknya belum membeberkan lebih lanjut apakah ada peserta aksi yang telah diperbolehkan pulang.

Aparat gabungan TNI-Polri membubarkan simpatisan Front Pembela Islam (FPI) yang akan melakukan demonstrasi 1812 di sekitar patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020). Demonstran menuntut pembebasan Habib Rizieq Shihab dan pengusutan penembakan enam laskar FPI. Tribunnews/Herudin
Aparat gabungan TNI-Polri membubarkan simpatisan Front Pembela Islam (FPI) yang akan melakukan demonstrasi 1812 di sekitar patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020). Demonstran menuntut pembebasan Habib Rizieq Shihab dan pengusutan penembakan enam laskar FPI. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

"Ini menjadi bagian, bagaimana kita bisa menjaga keamanan khususnya di wilayah Ibu Kota dan tentu pihak-pihak yang bertanggung jawab akan kita gali keterangan. Sehingga kita akan lebih mendalami, kalau memang ada pihak yang harus bertanggung jawab, tentu akan kita minta pertanggungjawaban," jelasnya.

Lebih lanjut, Rusdi juga mengimbau masyarakat agar tidak menggelar kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

"Kita sedang kondisi pandemi, kami tentu mengimbau kepada masyarakat agar menghindari kegiatan-kegiatan yang akan mengumpulkan masyarakat, karena sangat berisiko akan terinfeksi Covid-19 ini. Apabila ada kegiatan-kegiatan sampai melewati batas waktu kami tidak akan ragu-ragu untuk melakukan penegakan hukum," pungkasnya.

Baca juga: Polri Amankan 445 Peserta Aksi 1812, 5 Orang Ditetapkan Tersangka karena Bawa Senjata dan Narkoba

Diberitakan sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan pihak kepolisian sempat telah mengamankan sebanyak 445 orang peserta aksi 1812 pada Jumat (18/12/2020) kemarin.

Menurut Argo, data tersebut merupakan data terakhir yang diterima pada pukul 16.00 WIB kemarin.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved