Breaking News:

Rel di Petak Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang Selesai Diperbaiki, KA Menuju Jakarta Bisa Melintas

Kereta Api Indonesia memastikan jalur hilir Kereta Api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang saat ini sudah dapat dilewati

dok. KAI Daop 1
Perbaikan jalur rel kereta api jarak jauh antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55+100 sampai KM 53+600 di Kabupaten Bekasi, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan jalur hilir Kereta Api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang saat ini sudah dapat dilewati.

Vice Presidents Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dengan kembali beroperasinya jalur tersebut maka seluruh KA jarak jauh dari Daerah Operasional 1 Jakarta khususnya keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir dapat kembali melayani penumpang.

Baca juga: Sore Ini Rel di Petak Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Sudah Dapat Dilalui KA Jarak Jauh

"Saat ini sudah ada KA yang melewati jalur tersebut. KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB," ucap Joni dalam keterangannya, Selasa (23/2/2022).

Joni juga menjelaskan, dalam mempertimbangkan aspek keamanan maka sementara waktu KA yang melintasi jalur tersebut masih dibatasi yaitu 10 kilometer per jam dan secara bertahap akan ditingkatkan.

Baca juga: PLN: Aliran Listrik yang Terdampak Banjir di DKI Jakarta Sudah 100 Persen Menyala

Terkait perbaikan jalur rel antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang, Joni mengungkapkan, PT KAI telah melakukan berbagai upaya dalam melakukan normalisasi jalur.

"Beberapa upaya seperti menguatkan pondasi, menambah balas atau kricak dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat," kata Joni.

Joni juga menyampaikan, permohonan maaf atas nama manajemen KAI para calon penumpang KA jarak jauh karena terganggunya perjalanan dan pelayanan akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta.

Sebelumnya jalur rel kereta api di sekitar petak antara stasiun Kedunggedeh dan Lemahabang terendam banjir.

Hal ini membuat sejumlah rel melengkung dan menggantung akibat batu balas yang kena gerusan air sungai yang meluap.

Rel kereta api terendam hingga 150 sentimeter di atas kop rel. Imbas dari kerusakan yang dialami jalur rel antara Kedunggedeh-Lemahabang, layanan operasional KA jarak jauh dari Daop 1 Jakarta terganggu dan jadwal perjalanan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir harus dibatalkan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved