Breaking News:

Hutan Kota Pakansari Bogor Mulai Memberikan Banyak Manfaat Kepada Warga Sekitar

Hutan Kota Pakansari, Bogor, mulai memberikan banyak manfaat kepada warga sekitar, mulai dari aspek ekonomi hingga lingkungan.

ist
Hutan Kota Pakansari, Bogor, mulai memberikan banyak manfaat kepada warga sekitar 

TRIBUNNEWS.COM, BOGORHutan Kota Pakansari, Bogor, mulai memberikan banyak manfaat kepada warga sekitar, mulai dari aspek ekonomi hingga lingkungan.

Area hijau ini merupakan bagian dari Corporate Social Contribution (CSC) dari Yayasan Korindo yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Salah satu manfaat yang sudah dirasakan adalah pemberdayaan masyarakat setempat. Dalam pengelolaan Hutan Kota Pakansari, Yayasan Korindo mengajak beberapa warga untuk ikut mengurus.

Mereka dilibatkan pada kegiatan pemberian pupuk, pemotongan dahan bagian bawah hingga pengendalian gulma yang berpotensi mengganggu pertumbuhan pepohonan.

Hendrik (52 tahun), satu di antara sekian warga yang diberdayakan, menyebutkan bahwa dirinya merasa senang dapat dilibatkan dalam pengelolaan Hutan Kota Pakansari.

Selain membantu dari segi pendapatan, kegiatan tersebut menjadi wadah untuk ikut melestarikan lingkungan di tempat tinggalnya.

“Saya senang bisa membantu di sini,” ucap Hendrik yang rutin berkunjung ke hutan kota untuk mengecek kondisi pertumbuhan pepohonan.

Ke depannya, Hendrik berharap, area hijau yang terletak di depan Stadion Pakansari itu dapat semakin tumbuh subur sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk warga sekitar.

Di Hutan Kota Pakansari, hanya ada satu jenis pohon yang ditanam, yakni Eucalyptus deglupta. Proses penanamannya dimulai pada 2019 di lahan seluas 2 hektare (ha). Per Februari 2021, jumlah pohon yang telah ditanam mencapai lebih dari 1.800 buah.

Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo, Seo Jeong Sik mengatakan, Hutan Kota Pakansari merupakan bentuk komitmen Korindo Group untuk ikut melestarikan lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakat stempat.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved