Breaking News:

Paskah 2021

Polda Metro Akui Sebagian Besar Gereja di Jakarta Sudah Terpasang CCTV dan Command Center

Polda Metro bersama aparat gabungan serta pengawas internal gereja juga akan terus mengawasi jalannya rangkaian peribadahan Paskah pekan ini.

Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Selasa (22/3/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, sebagian besar Gereja di wilayah hukumnya saat ini sudah dilengkapi kamera pengintai CCTV.

Hal itu dilakukan, sebagai upaya untuk menambah rasa aman kepada jemaat saat melakukan ibadah perayaan hari Paskah.

"Seperti di Gereja Katedral dan Gereja Immanuel. CCTV nya bagus dan lengkap sekali, bahkan mereka memiliki command center untuk mengawasi," tutur Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (1/4/2021).

Menurut Yusri, pihaknya bersama aparat gabungan serta pengawas internal gereja juga akan terus mengawasi jalannya rangkaian peribadahan Paskah pekan ini.

Petugas kepolisian bersenjata laras panjang dan menggunakan anjing pelacak berjaga di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Jalan Pandanaran Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/4/21). Penjagaan tersebut dilakukan demi menjaga keemanan jamaah agar dapat khusyu dalam menjalani ibadah malam paskah serta mengantisipasi terjadinya ancaman teror susulan yang sebelumnya terjadi di Makasar dan Mabes Polri. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Petugas kepolisian bersenjata laras panjang dan menggunakan anjing pelacak berjaga di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Jalan Pandanaran Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/4/21). Penjagaan tersebut dilakukan demi menjaga keemanan jamaah agar dapat khusyu dalam menjalani ibadah malam paskah serta mengantisipasi terjadinya ancaman teror susulan yang sebelumnya terjadi di Makasar dan Mabes Polri. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Setidaknya ada sekitar 5.590 personel gabungan yang akan diterjunkan untuk menjaga keamanan di 833 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kami duduk bersama-sama dengan pengamanan internal di gereja, disatu sisi kami juga berpatroli terus di ring-ring luarnya," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu membawa tas saat mendatangi gereja.

Baca juga: Aparat Gabungan TNI-Polri Terjunkan 5.590 Personel Amankan 833 Gereja Selama Paskah

Baca juga: Polisi Perketat Pengamanan Gereja Saat Peribadatan Hari Paskah

Hal itu berdasar mandat dari pihak internal gereja, agar tidak menghambat proses pemeriksaan barang saat ingin melakukan ibadah.

"Ini suatu upaya preventif yang kami lakukan agar tidak terjadi terhambatnya jemaat yang lain untuk melaksanakan kegiatan agama, disarankan tidak membawa tas," ujar Yusri.

Diketahui, umat Kristiani di Indonesia sudah memulai rangkaian ibadah Paskah sejak Kamis kemarin hingga Minggu (4/4/2021) besok.

Rangkaian ibadahnya yakni Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Raya Paskah.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved