Breaking News:

Kadishub DKI Sebut 2030 Jalur Sepeda Permanen di Jakarta Capai 500 Kilometer

DKI bakal terus bangun jalur sepeda permanen, pada 2030 jalur terpasang hingga 500 kilometer di ruas jalan ibu kota.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Pembatas jalur sepeda permanen sudah dipasang di Jalan Sudirman,Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021). Pembatas jalur sepeda permanen ini terbuat dari beton berwarna putih bercorak garis hitam dan kuning. Pembatas itu terpasang tepat di depan jembatan penyeberangan orang (JPO) Gelora Bung Karno (GBK) yang akan mengarah ke Semanggi. Pemasangan pembatas jalur belum semua terpasang di Jalan Sudirman-MH Thamrin. Selain sebagai pembatas jalur sepeda ini juga berfungsi sebagai pot tanaman hias. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus melakukan pembangunan jalur sepeda permanen.

Bahkan kata Syafrin, pada 2030 mendatang jalur sepeda itu akan terpasang hingga mencapai jarak 500 kilometer di ruas jalan Kota Jakarta.

Hal tersebut dikatakannya saat meninjau pelaksanaan pos pemeriksaan arus balik Idulfitri 1442 H di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek KM 34.

"Tentu sesuai perencanaan, sampai dengan 2030 akan disiapkan sekitar 500 kilometer jalur sepeda," kata Syafrin kepada awak media, Minggu (16/5/2021) kemarin.

Baca juga: Cerita Pemudik Bersepeda Ontel dari Rembang ke Pemalang, Tempuh Jarak 249 Km Selama 3 Hari

Lanjut Syafrin, jalur sepeda permanen sepanjang 500 km itu nantinya akan bersifat kombinasi.

Pada penerapannya,  jalur sepeda ini memiliki tiga fungsi sebagai pembatas para pengendara yang menggunakan jalan.

"Itu akan kombinasi. Ada jalur sepeda yang sifatnya mix traffic, ada jalur sepeda yang sifatnya dengan permanen dengan ada pembatasan fisik," tuturnya.

Petugas Dinas Perhubungan berjaga di jalur sepeda sementara pengendara motor masuk jalur sepeda di Jalan Jendral Sudirman, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat(18/4/2021). Jam-jam pulang kantor jalur sepeda tidak berfungsi dengan baik. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Petugas Dinas Perhubungan berjaga di jalur sepeda sementara pengendara motor masuk jalur sepeda di Jalan Jendral Sudirman, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat(18/4/2021). Jam-jam pulang kantor jalur sepeda tidak berfungsi dengan baik. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Dirinya berharap, dengan dibangunnya jalur sepeda permanen ini dapat meminimalisir adanya insiden kecelakaan yang kerap menimpa para pesepeda di jalan raya.

"Sehingga pelanggaran yang terjadi kemarin, ada yang menabrak jalur sepeda, ada yang menyenggol jalur sepeda, ini tidak terulang kembali karena adanya peningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," kata Syafrin.

Sebelumnya, Syafrin Liputo menegaskan, penerapan jalur sepeda permanen yang saat ini telah dibangun di ruas jalan Sudirman-Thamrin akan kembali dilanjutkan progresnya.

Halaman
12
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved