Helikopter Jatuh di Depok

Cerita Warga Lihat Helikopter Oleng Sebelum Jatuh ke Danau, Penumpangnya Berenang ke Tepian

Helikopter tiba-tiba jatuh ke dalam danau Buperta, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.45 WIB.

TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Petugas dari KNKT datangi lokasi jatuhnya helikopter di Danau Buperta, Cimanggis, Kota Depok, menggunakan perahu naga, pada Jumat (28/5/2021) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Helikopter tiba-tiba jatuh ke dalam danau Buperta, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.45 WIB.

Warga di sekitar lokasi kejadian menceritakan sebelum jatuh, helikopter sempat terbang tak tentu arah alias oleng. Tidak lama kemudian ia mendengar suara cukup keras.

"Itu sebelum jatuh sempat oleng dulu helikopternya," ujarnya, warga bernama Pasri di lokasi kejadian, Jumat (28/5).

Selain Parsi, sejumlah saksi mata lain yang sedang memancing di sekitar danau turut menyaksikan kejadian tersebut. Ada yang melihat usai helikopter tenggelam, ada dua orang yang berenang menuju ke tepian danau.

"Itu enggak jauh dari pinggir danau ya. Paling 100 meteran. Pas tenggelam satu menit, dua orang pakai pakaian sipil berenang ke pinggir danau," kata Alex, saksi mata lainnya.

Posisi helikopter dan para pemancing yang lumayan jauh, membuat dua awak ini berenang ke tepian tanpa bantuan siapa pun.

"Mau nolongin juga posisi kita jauh. Pas sudah sampai pinggir danau saja itu baru ditolongin warga. Dua orang itu selamat," jelasnya.

Mesin helikopter yang jatuh di danau Buperta, Cimanggis, Kota Depok itu disebut-sebut masih dalam kondisi menyala saat tercebur ke danau dengan kedalaman kurang lebih 7 meter ini.

"Masih hidup mesinnya, pas jatuh masih berputar baling-balingnya," kata Alex.

Alex menyebutkan, mesin tersebut baru mati setelah nyaris seluruh bodi helikopter tenggelam di danau. "Pas sudah tenggelam semuanya, baru mati mesinnya," katanya.

Pantauan Tribun, petugas dari Kepolisian dan TNI masih berjaga di lokasi jatuhnya helikopter. Bau yang diduga berasal dari bahan bakar pesawat (avtur) menyengat tercium di lokasi kejadian.

"Bau avtur ini sepertinya" ujar salah seorang aparat di lokasi kejadian.

Benda bagian kecil diduga bagian helikopter yang jatuh di Danau Buperta, Cimanggis, Kota Depok, nampak sedikit muncul ke permukaan, Jumat (28/5/2021).
Benda bagian kecil diduga bagian helikopter yang jatuh di Danau Buperta, Cimanggis, Kota Depok, nampak sedikit muncul ke permukaan, Jumat (28/5/2021). (TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma)

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar, mengatakan bahwa helikopter yang jatuh tersebut adalah untuk latihan. "Iya heli latihan yang jatuh di Danau Buperta Cibubur," ujar Imran.

Baca juga: Petugas KNKT Sudah Datangi Lokasi Jatuhnya Helikopter di Danau Buperta Depok

Untuk penanganan selanjutnya, Imran berujar diserahkan pada pihak yang berwenang, dalam hal ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved