Breaking News:

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman Meluncurkan Kampung Pancasila

Dudung Abdurachman meluncurkan Kampung Pancasila sebagai upayanya untuk membangun budaya toleransi bagi generasi muda dari sedini mungkin.

Dok. pribadi
Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman Meluncurkan Kampung Pancasila 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman meluncurkan Kampung Pancasila sebagai upayanya untuk membangun budaya toleransi bagi generasi muda dari sedini mungkin.

Dikatakannya, Pancasila diakui sebagai perjanjian luhur bangsa, karena Pancasila digali dari sosio-budaya bangsa Indonesia sendiri, disepakati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai milik bangsa yang harus diamalkan serta dilestarikan Ketuhanan yang Maha Esa.

"Untuk mengembangkan Kampung Pancasila di wilayah Kodam Jaya ini, dirinya sudah berkoordinasi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)," ungkap Dudung Abdurachman di Kelurahan Jati Melati, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu, (2/06/2021).

Dudung Abdurachman juga mengaku sudah melapor kepada Megawati Soekarnoputri selaku Dewan Pengarah BPIP.

"Saya melaporkan juga kepada Dewan Pengarah Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Dudung Abdurachman saat ditemui di Kampung Sawah, di Kelurahan Jati Melati, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu, (2/06/2021).

Kodam Jaya dikatakannya mencanangkan Kampung Pancasila dengan tujuan agar generasi muda sedini mungkin bisa saling bertoleransi dalam beragama.

Hal itu juga sudah ditetapkan di Kampung Sawah bagaimana kerukunan umat beragama di kampung ini bisa berdiri secara harmonis.

Harapannya kemudian kata Dudung Abdurachman, generasi muda bisa sedini mungkin tidak hanya sekedar dihapal sila pertama sampai sila kelima tapi juga dapat dipahami dan dilaksanakan.

"Disini Ada masjid, ada gereja protestan, ada gereja Katolik, dan ada pura. Mereka begitu harmonis, akrab, dan berdampingan bahkan satu sama lain saling melindungi," jelas Dudung Abdurachman.

Dudung Abdurachman menjelaskan, Kampung Sawah ini menjadi projek percontohan untuk pengembangan Kampung Pancasila di wilayah Kodam Jaya.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved