Formula E

Formula E Bakal Digelar di Ancol, PSI: Ini Acara Balap Mobil Internasional, bukan Bom-Bom Car

Rencana turnamen balap Formula E yang akan digelar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Taman Impian Jaya Ancol dikritik PSI

Editor: Sanusi
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Gambaran sirkuit Formula E di Taman Impian Jaya Ancol berbentuk Kuda Lumping. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana turnamen balap Formula E yang akan digelar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022, dikritik fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta.

Partai yang baru duduk di kursi parlemen Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini menyebut Anies begitu ambisius sampai mengabaikan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk memperbarui kajian studi kelayakan.

Baca juga: Ancol Resmi Ditunjuk Jadi Sirkuit Balap Formula E 2022

"Formula E adalah acara balap mobil internasional, bukan balap Bom-Bom Car, sehingga sudah seharusnya tetap memperhatikan kaidah dan aturan lainnya sebelum benar-benar diselenggarakan," kata anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo dari keterangannya pada Kamis (23/12/2021).

Anggara mengatakan, Pemprov DKI Jakarta juga tidak melibatkan DPRD DKI Jakarta dalam pembahasan APBD yang sudah dibayarkan untuk menyelenggarakan Formula E.

Kata dia, ajang balap ini masih menggunakan dana APBD sebesar Rp 560 miliar untuk pembayaran commitment fee.

Baca juga: Wagub Ahmad Riza Patria Harap Tidak Terjadi Banjir Rob saat Ajang Formula E di Ancol

"Apabila memang tidak menggunakan dana APBD sama sekali, Anggara meminta untuk dana tersebut dikembalikan terlebih dahulu sebelum penyelenggaraan berjalan. Selama masih ada uang rakyat di sana, PSI akan terus kejar," jelasnya.

Anggara juga menyoroti tindak lanjut dari Laporan Hasil Pengelolaan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai kewajiban untuk membuat revisi studi kelayakan (feasibility study).

Dia mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar lebih taat admnistrasi.

"Ini uang rakyat agar taat adminstrasi, ada aturan main. Kalau berantakan, berarti banyak yang disembunyikan," imbuhnya, seperti dilansir dari Wartakotalive dalam artikel "
PSI Sindir Anies yang Ambisius Gelar Formula E di Ancol seperti Turnamen Bom-bom Car".

Seperti dikeyahui, panitia penyelenggara ajang balap mobil listrik Formula E mengumumkan kawasan Ancol resmi menjadi lokasi sirkuit balapan, Rabu (22/12/21).

Hal tersebut disampaikan panitia dalam konferensi pers yang digelar Ancol, Jakarta Utara pada Rabu (22/12/21).

Adapun dalam acara ini turut hadir Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni bersama Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) Widi Amanasto dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni, mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadikan Ancol sebagai lokasi yang dipilih.

Salah satu di antaranya adalah lokasi yang ikonik dan tidak mengganggu fasilitas umum.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved