Personel Gabungan Pemprov DKI Jakarta Atasi Genangan di Pondok Bambu

Sebanyak empat unit mobil pemadam dan tiga unit pompa mobile dikerahkan untuk menyedot sisa genangan serta satu alat berat untuk mengeruk sisa puing.

Editor: Content Writer
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi jalan berlubang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berupaya mengatasi genangan yang terjadi di Jalan Statistik dan Jalan H Dogol, RT 16/ RW 07, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dengan menurunkan sekitar seratus personel gabungan.

Personel yang terdiri dari satgas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, PPSU Kelurahan Pondok Bambu, satgas BPBD Provinsi DKI Jakarta, dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur bekerja sama menangani genangan sejak Selasa (15/3) dan berlanjut pada Rabu (16/03/2022).

Lurah Pondok Bambu, Asianti Yasmuarsih, menjelaskan, setelah dilakukan pengerukan puing dan tanah penyumbat saluran, genangan di permukiman warga mulai surut sejak Selasa malam. Puing dan tanah penyumbat saluran diangkat menggunakan alat berat, selain mengerahkan petugas PPSU dan satgas Sudin SDA Jakarta Timur dalam pembersihan serta pengerukan di lokasi tersebut.

“Alhamdulillah, berkat kolaborasi lintas sektor, genangan terus berangsur surut. Kami juga bekerja sama dengan Sudin Gulkarmat dan satgas BPBD DKI Jakarta dalam mempercepat penanganan genangan,” tuturnya pada Rabu (16/03/2022).

Sebanyak empat unit mobil pemadam dan tiga unit pompa mobile dikerahkan untuk menyedot sisa genangan serta satu alat berat untuk mengeruk sisa puing yang masih menyumbat saluran.

Sub Koordinator Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto, mengatakan, dengan penambahan sarana pendukung dan jumlah personel ini, alir yang terkoneksi ke saluran penghubung (PHB) di Jalan Teluk Saboga dan bermuara ke Kanal Banjir Timur dapat mengalir deras. Sehingga, genangan di lingkungan warga pun berangsur surut.

“Kami juga sudah siapkan 3.000 karung untuk mengangkut puing penyumbat saluran yang menjadi penyebab genangan di permukiman warga,” imbuhnya.

Langkah personel gabungan Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan genangan ini diapresiasi warga sekitar. Handoko (45), salah seorang warga RT 16/ RW 07 Pondok Bambu, mengatakan, kondisi genangan di lingkungannya kian surut.

“Alhamdulillah, genangan terus surut. Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov DKI yang berupaya cepat dalam mengatasi genangan ini,” tuturnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved