Remaja Kuras Isi Kotak Amal Masjid di Kramat Jati, Uang Jutaan Rupiah Dimasukan Plastik Hitam 

berdasar rekaman CCTV, kejadian kotak amal di bagian dalam Masjid Al-Istiqomah dibobol pada Rabu (4/5/2022) sekira pukul 10.36 WIB.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Kotak amal Masjid Al-Istiqomah yang dibobol maling di Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (5/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Baru beberapa hari setelah Lebaran, Kotak amal Masjid Al-Istiqomah di Jalan Haji Ali, RT 08/RW 04, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur dibobol maling.

Jemaah Masjid, Edi (42) mengatakan berdasar rekaman CCTV, kejadian kotak amal di bagian dalam Masjid Al-Istiqomah dibobol pada Rabu (4/5/2022) sekira pukul 10.36 WIB.

"Uang yang diambil sekitar Rp 2-3 juta. Itu uang (amal) dari waktu Salat Id sampai kemarin. Kalau di CCTV pelakunya satu orang," kata Edi di Kramat Jati, Jakarta Timur Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Fakta Ustaz Jago Silat Dikeroyok di Kuburan Cilandak Karena Petasan, Provokatornya Diduga 4 Gadis

Masih berdasar rekaman CCTV kejadian, pelaku yang merupakan pemuda berusia sekitar 20 tahun awalnya menepikan motor jenis matic di pintu belakang Masjid Al-Istiqomah.

Pelaku memanfaatkan kondisi pintu pagar belakang Masjid Al-Istiqomah yang sedang tidak digembok untuk masuk lalu membobol engsel gembok kotak amal menggunakan obeng.

Dalam waktu tidak sampai satu menit, pelaku memasukkan nyaris seluruh uang dalam kotak amal Masjid Al-Istiqomah dalam kantong plastik berwarna hitam lalu kabur.

"Uang Rp 50 ribu-100 ribu yang ada dalam kotak amal diambil semua. Hanya disisakan uang receh saja. Setelahnya dia kabur lewat pintu belakang naik motor jenis Scoopy atau Vino," ujarnya.

Baca juga: Empat Petugas Damkar Evakuasi Sanca 3 Meter di Pemukiman Warga Depok 

Baca juga: Tak Kapok Dicap Pencitraan dan Gubernur Rasa Kadinsos, Anies Kembali Kunjungi Pasar Gembrong

Masih berdasar rekaman CCTV kejadian, Edi menuturkan ketika masuk ke bagian dalam Masjid Al-Istiqomah pelaku sempat membuka masker sehingga wajahnya tersorot jelas.

Namun pengurus Masjid Al-Istiqomah dan warga di sekitar lokasi tidak mengenali sosok pelaku pencuri uang kotak amal untuk keperluan renovasi pembangunan Masjid tersebut.

"Dulu memang sebelum dipasang CCTV di sini pernah kejadian juga. Kalau untuk sudah laporan atau belum saya kurang tahu, karena dari pengurus (Masjid) yang menangani," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Siang Bolong, Aksi Nekat Maling Bobol Kotak Amal Masjid di Kramat Jati

Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved