Polisi Upayakan Restorative Justice dalam Kasus Pengeroyokan di SMAN 70 Jakarta

Polres Metro Jakarta Selatan mengupayakan upaya restorative justice dalam penyelesaian kasus pengeroyokan di SMAN 70 Jakarta.

Editor: Wahyu Aji
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto memberikan keterangan terkait kasus pengeroyokan di SMAN 70. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polres Metro Jakarta Selatan mengupayakan upaya Restorative Justice dalam penyelesaian kasus pengeroyokan antara kakak dan adik kelas di SMAN 70 Jakarta.

Polisi sudah melakukan upaya tersebut, namun Restorative Justice hanya bisa terlaksana jika kedua belah pihak sudah bersepakat.

"Jadi proses tersebut sudah dilakukan namun syarat Restorative Justice harus ada kesepakatan kedua pihak dan ini sedang terus diupayakan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Dalam kasus ini, sebanyak enam orang ditetapkan sebagai tersangka karena melakukan pengeroyokan. Adapaun kasus itu terjadi karena masalah pergaluan.

"Ada arogansi kelompok gitu.  Masalah pergaulan itu. Korban ini adik kelas mereka. Salah satunya itu senioritas, masalah geng-geng itu," ucal Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit saat dihubungi.

Kasus pengeroyokan ini diketahui terjadi pada Mei 2022 lalu. Dari enam orang sudah ditangkap polisi satu di antaranya bernama Damara Altaf Alawdib atau Mantis (18) yang sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Ridwan menyebut Mantis merupakan pelaku utama dalam tindakan pengeroyokan terhadap adik kelasnya tersebut.

"(Pasal) 170 KUHP kan bersama-bersama beberapa orang. Tapi dia yang paling dominan. Korbannya adik kelas mereka," katanya.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) terhadap buronan pelaku  pengeroyokan terhadap anak di bawah umur.

Baca juga: Polisi Tangkap DPO Kasus Pengeroyokan Adik Kelas di SMAN 70 Jakarta

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved