Majelis Perwakilan Rakyt Republik Indonesia

Sumpah Terucap, Anggota MPR RI Siap Laksanakan Amanat Rakyat

Sebanyak 711 anggota MPR RI periode 2019-2024 resmi dilantik. Prosesi pelantikan anggota MPR hasil pemilu 17 April 2019, ini ditandai pengucapan sumpa

Sumpah Terucap, Anggota MPR RI Siap Laksanakan Amanat Rakyat
MPR RI
Pengucapan sumpah dan janji anggota MPR, dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali S.H, M.H. Acara berlangsung di Gedung Nusantara Komplek Parlemen Jakarta, Selasa (1/10). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 711 anggota MPR RI periode 2019-2024 resmi dilantik. Prosesi pelantikan anggota MPR hasil pemilu 17 April 2019, ini ditandai pengucapan sumpah dan janji anggota MPR, dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali S.H, M.H. Acara tersebut berlangsung di Gedung Nusantara Komplek Parlemen Jakarta, Selasa (1/10).

Pelantikan anggota MPR periode 2019-2014, ini disaksikan Presiden Joko Widodo beserta Ibu negara Iriana Joko Widodo, serta Wakil Presiden Jusuf Klla bersama Mufidah Jusuf Kalla. Juga Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri, Wakil Presiden ke 6 Tri Sutrisno, serta Wakil Presiden ke 9 Hamzah Haz.

Bagi anggota MPR dari Kelompok DPD Oni Suwarman, pelantikan merupakan prosesi yang sakral dan penting. Namun, lebih penting lagi bagaimana menjalankan amanat yang sudah diberikan, untuk ikut memperjuangkan kemajuan daerah melalui jalur DPD.

Karena itu Oni meminta maaf, jika selama lima tahun keberadaannya di DPD belum bisa menyentuh seluruh aspirasi daerah yang diwakili. Ia berjanji akan tetap berusaha memperjuangkan kepentingan daerah dalam meningkatkan taraf hidup warganya.

Baca: Unggah Foto di Depan Gedung DPR MPR RI, Ini Doa Aliya untuk Ibas Yudhoyono yang Baru saja Dilantik

“Yang penting buat saya lurus-lurus saja, jangan sampai kena masalah. Lakukan dengan optimal yang bisa kita lakukan. Jangan memaksakan diri, apalagi kalau itu menyebabkan kita terkena masalah hukum,” kata Oni menambahkan.

Terkait banyaknya aksi demo mahasiswa pada pelaksanaan sidang, Oni dengan santai mengatakan itu adalah hal yang wajar. Karena demo merupakan salah satu bentuk penyampaian aspirasi, dan diperbolehkan undang-undang. Demo kata Oni juga merupakan bagian kritik dari masyarakat, asal tidak dilakukan dengan cara-cara yang memanciung kerusuhan.

Sementara anggota MPR Fraksi PDI Perjuangan Krisdayanti mengaku tenang menapaki keberhasilannya menjadi anggota MPR. Pasalnya ia mengaku cukup mendapat pembekalan dari MPR, termasuk bahan-bahan sosialisasi Empat Pilar MPR.

KD berhadap dirinya bisa mengemban kepercayaan yang diberikan PDI Perjuangan dan masyarakat yang telah memilihnya menjadi anggota dewan pada pemilu lalu.

Baca: Pelantikan MPR 2019-2024 Sukses, Pimpinan Sidang Ucapkan Terima Kasih untuk Pimpinan dan Presiden

“Saya akan terus menjalani proses belajar, karena menjadi politisi dan publik figur di duni hiburan itu sangat berbeda,” kata Krisdayanti, menambahkan.

Pendapat serupa disampaikan Anggota Fraksi PKB MPR Daniel Johan. Menurutnya, seluruh anggota DPR dan MPR harus setia dan menjaga kepercayaan rakyat yang sudah diberikan masyarakat. Karena itu semua anggota harus selalu ikut dalam setiap rapat, agar tahu seluruh perkembangan yang terjadi. Dan bisa memperjuangkan aspirasi daerah, baik melalui anggaran maupun undang-undang yang berpihak pada masyarakat.

Baca: Ketika Politisi Legendaris Memimpin Sidang Pelantikan MPR

“Sebagai masyarakat dapil Kalimanan Barat saya harus perjuangkan pemadaman kebakaran segera mungkin. Kita juga membutuhkan sikap kenegarawanan dalam menyelesaikan berbagai perbedaan dan perselisihan antar golongan yang berbeda. Karena itu kita harus budayakan kebiasaan musyawarah mufakat, untuk mengambil keputusan apapun,” kata Daniel Johan menambahkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved