Penangkapan Terduga Teroris

JK: Surga Dijual Terlalu Murah

Banyaknya teroris berusia muda, perlu menjadi perhatian semua pihak.

JK: Surga Dijual Terlalu Murah
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyaknya teroris berusia muda, perlu menjadi perhatian semua pihak. Sebab, paham-paham radikalisme yang berujung pada aksi terorisme adalah sesuatu yang berbahaya.

Mantan Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, aksi terorisme terjadi karena adanya kesalahan dalam mengartikan jihad, serta begitu murahnya para perekrutnya menjual surga. Sehingga, orang terhasut dan akhirnya melakukan aksi terorisme.

"Kalau dia menghitung musuh, kayak (dulu) seseorang pergi ke Afganistan, itu menjadi jihad. Tapi, kalau ada bom di pinggir jalan di Bali, sehingga siapa saja yang lewat kena bom, itulah teroris," ujar JK di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Seseorang yang nekat melakukan aksi terorisme, lanjut JK, rata-rata biasanya mendapatkan ajaran yang radikal tentang pemahaman musuh dan jihad yang keliru.

"Atau, terlalu murahnya menjual surga, sehingga (ada pemahaman) kalau Anda bunuh orang itu jihad dan Anda masuk sorga," papar JK.

JK pun tidak habis pikir, saat ini seakan ada pemahaman salah memaknai jihad, yang menjadikan polisi sebagai target.

"Ini tentu saja bahaya," ucapnya.

Dengan melakukan pendidikan sejak kecil melalu iPAUD yang direncanakan ada di masjid-masjid, JK menilai akan menjadi solusi untuk memberantas tindak pidana terorisme.

Anak-anak akan diberikan pemahaman yang benar sesuai porsinya tentang agama, dan bahan-bahan pelajarannya pun diawasi bersama-sama, sehingga tidak ada pelajaran yang menyimpang.

"Bila anak biasa ke masjid dengan ajaran yang benar, ajarannya terseleksi dengan betul, begitu juga dengan agamanya, maka akan memberikan pemahaman yang baik," tuturnya. (*)

BACA JUGA

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Yaspen Martinus
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved