Pemilu 2014

SBY: Jangan Anggap Pemilu Sebagai Sesuatu yang Menyeramkan

Presiden SBY mengajak masyarakat ikut aktif dalam proses demokrasi lima tahunan, yakni Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

SBY: Jangan Anggap Pemilu Sebagai Sesuatu yang Menyeramkan
Kompasiana
Presiden SBY

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak masyarakat ikut aktif dalam proses demokrasi lima tahunan, yakni Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

SBY berpesan agar masyarakat tidak mengganggap pemilu sebagai sesuatu yang menyeramkan.

"Pemilihan Umum tidak ada yang seram. Insya Allah akan mengalir dengan baik. Bangsa kita akan dituntut dalam menjalankan demokrasi dan pemilu," ujar SBY, saat acara Presidential Lecture oleh Presiden RI dengan tema 'Indonesia Democracy Outlook', di Hotel Bodobudur, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Pemilu, lanjutnya, akan dilakukan untuk memilih calon legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden, yang ditetapkan secara langsung.

Sistem atau model pemilu seperti ini sudah dijalankan dua kali, yang menurut lembaga internasional berlangsung fair dan demokratis.

"Tapi saya ingatkan, sistem ini ada tantangannya," imbuh SBY.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), lanjutnya, sudah menetapkan 10 partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilu 2014. Karena itu, visi dan misi semua parpol harus dikenal oleh seluruh masyarakat.

"Penting masing-masing (parpol) memperkenalkan dirinya. Media massa jangan terlalu tebang pilih memberikan peluang. Pemilu 2014 yang dipilih oleh rakyat, yang disukai rakyat," tuturnya.

"Yang baik rakyat juga tahu. Lihat integritas, kapasitas, dan track recordnya," pesan SBY. (*)

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Yaspen Martinus
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved