Breaking News:

Banjir Jakarta

Ini Pesan Menkes Untuk Pengungsi Korban Banjir

Menkes menyebutkan di ibukota Jakarta, termasuk wilayah yang cukup mudah dalam penanganan bencana. masih banyak makanan dan air bersih

Tribun Batam/ARGIANTO DA NUGROHO
Menteri Kesehatan (Menkes), Nafsiah Mboi (tengah). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi  menengok Posko pengungsian korban banjir di Gelanggang Olahraga (GOR)Otista Jakarta Timur, Minggu (19/1/2014) sore.

Di saat bencana menerjang, penyakit jadi salah satu hal yang harus diantisipasi, terutama bagi warga yang sedang mengungsi. Menkes pun mengingatkan warga untuk tetap menjaga kebersihan di lokasi pengungsian.

Menurut Nafsiah, penyakit kerap datang pasca terjadinya bencana. Dia mengaku, penyakit yang rentan menjangkiti pengungsi adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare.

"Pengungsi diharapkan menjaga kebersihan, seperti yang sering saya sampaikan, kotor itu dekat dengan penyakit," kata Nafsiah kepada wartawan.

Dirinya menyebutkan di ibukota Jakarta, termasuk wilayah yang cukup mudah dalam penanganan bencana. Sebab, masih banyak bahan makanan atau air bersih yang tersedia.

"Kalau di daerah kan sulit menemukan air dalam kemasan. Karena itu kita kirim mesin pembersih air sehingga air yang tercampur lumpur bisa dibersihkan, seperti Manado, Sulawesi Utara," jelasnya.

Untuk itu pihaknya telah memberi bantuan berupa mesin pembersih air. Sehingga air yang bercampur lumpur bisa dibersihkan dan bisa dikonsumsi.

"Kami sudah kirimkan bantuan ke sana," katanya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved