HUT Ke 70 RI

Karnaval Khatulistiwa Tunjukkan Indonesia sebagai Bangsa Maritim

Karnaval Khatulistiwa bertujuan membangkitkan optimisme dan kemandirian bangsa

zoom-inlihat foto Karnaval Khatulistiwa Tunjukkan Indonesia sebagai Bangsa Maritim
Tribunnews.com/Rahmat Patutie
Jay Wijayanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Karnaval Khatulistiwa Jay Wijayanto mengatakan, Karnaval Khatulistiwa digelar sesuai dengan tema peringatan kemerdekaan tahun ini, yaitu semangat bekerja serta lebih banyak melibatkan peran serta masyarakat.

“Karnaval Khatulistiwa bertujuan membangkitkan optimisme dan kemandirian bangsa," ungkap Jay kepada Tribun, di Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Kegiatan ini diharapkan bisa digelar rutin setiap tahun secara mandiri oleh daerah.

Untuk tahun ini kata Jay, Karnaval Khatulistiwa diselenggarakan di Pontianak sekaligus untuk menunjukkan Indonesia sebagai bangsa maritim. Karena Pontianak merupakan daerah perbatasan yang memiliki banyak sungai yang bermuara ke laut.

"Kapuas merupakan sungai sepanjang 1143 km menjadikannya sungai terpanjang di Indonesia,” papar Koordinator Panitia Nasional Kirab Budaya Syukuran Rakyat Jokowi-JK 2014 lalu.

Karnaval Khatulistiwa di Pontianak menjadi puncak dari serangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang diinisiasi pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan G70, yaitu Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka.

Banjir Artis

Lebih lanjut Jay katakan, sejumlah artis dan musisi seperti Slank, Marcello Tahitoe, Saykoji dan Di Atas Rata-rata akan berpartisipasi dalam perhelatan Karnaval Khatulistiwa pada Sabtu (22/8/2015) besok di Pontianak, Kalimantan Barat.

Para artis dan musisi akan tampil pada salah satu bagian dari rangkaian kegiatan karnaval yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) ke-70 Republik Indonesia.

Rencananya, para musisi tersebut akan tampil pada acara Panggung Hiburan Rakyat yang merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Karnaval Khatulistiwa. Panggung musik yang digelar mulai pukul 19.00 WITA tersebut juga menampilkan pertunjukan seni daerah dan artis lokal, di antaranya Fery Sape dan kawan-kawan.

Dijelaskan, berkat kepiawaiannya memainkan sape –alat musik khas Kalimantan Barat, Ferry berhasil tampil pada pertunjukan di berbagai negara. Selain musisi, Karnaval Khatulistiwa juga dimeriahkan sejumlah artis yang akan memandu kegiatan karvanal antara lain Muhammad Farhan, Olga Lydia, dan Putri Patricia.

Karnaval Khatulistiwa, akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri sejumlah menteri merupakan serangkaian kegiatan yang akan menampilkan kekayaaan budaya Indonesia sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim.

Peserta karnaval bukan hanya berasal dari Kalimantan Barat, tapi juga provinsi-provinsi lain di Indonesia. Peserta dari berbagai daerah tersebut akan menampilkan pakaian adat dan kesenian daerahnya masing-masing. Presiden dan para menteri turut mengikuti karnaval dengan menggunakan pakaian adat.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved