Breaking News:

Kembangkan Ilmu Kehutanan, Tanoto Forestry Information Center Gandeng Perguruan Tinggi

Berdirinya Tanoto Forestry Information Center merupakan bentuk komitmen ikut mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, terutama ilmu tentang kehutan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hutan merupakan satu di antara kekayaan sumber daya alam Indonesia. Untuk mengelola dan merawatnya, dibutuhkan para ilmuwan yang paham dan menguasai ilmu kehutanan.

Latar belakang itulah yang menjadi dasar berdirinya Tanoto Forestry Information Center. Menurut pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto, berdirinya Tanoto Forestry Information Center merupakan bentuk komitmennya ikut mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, terutama ilmu tentang kehutanan.

"Tanoto Forestry Information Center ini juga sebagai wujud dukungan terhadap upaya pengembangan ilmu kehutanan Indonesia," kata Tanoto dalam siaran persnya, Selasa (8/11/2016).

Agar keberadaan Tanoto Forestry Information Center bisa maksimal, pihaknya menggandeng perguruan tinggi yang memang memiliki spesialisasi di bidang itu. Satu di antara perguruan tinggi yang digandeng adalah Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ia berharap kerjasama dengan lembaga pendidikan bisa menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat, tak hanya bagi ilmu pengetahuan, tapi juga bagi bangsa secara keseluruhan. Selain dengan IPB, pihaknya juga akan menggandeng perguruan tinggi lainnya.

"Kami harapkan IPB bekerja sama dengan perguruan tinggi lain serta lembaga penelitian bidang kehutanan agar dapat mengembangkan pusat informasi yang dapat mendukung riset bidang kehutanan serta pengembangan ilmu kehutanan," tuturnya.

Ditambahkan Tanoto, peran sektor dan industri kehutanan sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Agar kontribusi di sektor tersebut bisa dirasakan signifikan, ia berpendapat Indonesia membutuhkan orang-orang pandai dalam bidang kehutanan.

Indonesia, kata Tanoto, juga butuh orang-orang yang dapat menggunakan dan mengembangkan pengetahuan agar bisa diaplikasikan di bidang kehutanan.

"Pada akhirnya, berbagai aktivitas dalam Tanoto Forestry Information Center ini sebagai jalan bagi lahirnya ilmuwan dan praktisi kehutanan yang unggul di tingkat internasional," ujar Tanoto.

Editor: Danang Setiaji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved