Pilpres 2019

Menimbang Calon Pendamping Jokowi pada Pilpres 2019

Belakangan santer beredar nama-nama tokoh yang berpotensi besar menjadi Calon Wakil .....

Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belakangan santer beredar nama-nama tokoh yang berpotensi besar menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) bagi calon petahana, Jokowi dan penantangnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Baca: KPK Tangkap Anggota DPR Fraksi Golkar

Adapun Cawapres Jokowi dari kalangan Parpol seperti Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, dan Politisi Partai Demokrat, TGB M Zainul Majdi.

Sementara dari kalangan non-parpol muncul ke permukaan nama-nama seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Panglima TNI, Moeldoko, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Ma'ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (NU), KH Said Aqil Siradj.

Selain itu, juga beredar nama-nama yang berpotensi menjadi pendamping Prabowo dari kalangan parpol seperti politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Heryawan dan Salim Segaf Al Jufri, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zullkifli Hasan dan politisi Partai Demokrat, Chairul Tanjung.

Sedangkan dari kalangan non-parpol muncul nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Dari nama-nama diatas siapa yang paling berpeluang besar kansnya untuk mendampingi calon petahana Jokowi?

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago melihat sosok mantan Ketua MK Mahfud MD cukup memiliki peluang untuk menjadi cawapres.

"Mahfud MD kalau kita cermati dari kualifikasi figur sangat menarik. Dalam soal ujian integritas beliau sudah selesai, bisa melewati dengan baik dan membuktikannya," kata Pangi dalam pernyataannya, Sabtu(14/7/2018).

Mahfud MD lanjut Pangi juga punya jam terbang yang tinggi di pemerintahan, track record bagus, success story-nya jelas baik di level eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Mahfud juga pernah jadi Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur, di legislatif pernah menjabat anggota DPR dan di institusi yudikatif pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved