Breaking News:

Survei PKP Berdikari: Jokowi Sukses Jalankan Program Nawacita

Sudah final pada tanggal 22 September 2018. Visi dan misi ini memperbaiki Program Nawacita Jokowi-JK tahun 2014-2019.

Tribunnews/JEPRIMA
Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara puncak reuni akbar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) yang mengangkat tema Guyub Rukun Kini dan Nanti di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018) lalu. Selain Jokowi, hadir pula beberapa pejabat-pejabat yang merupakan alumni UGM seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Mensesneg Pratikno, Mendikbud Muhadjir Effendy, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Menhub Budi Karya Sumadi hadir pula pengacara Otto Hasibuan selaku Ketua Umum Kagama. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Visi dan Misi Jokowi-Ma'ruf Amin berjudul "Meneruskan Jalan Perubahan Untuk Indonesia Maju", sudah final pada tanggal 22 September 2018. Visi dan misi ini memperbaiki Program Nawacita Jokowi-JK tahun 2014-2019.

Menyambut Visi Misi Jokowi-Makruf Amin, Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKPBerdikari) sepanjang bulan Juli 2018 melakukan SurveI Nawacita yang dilakukan di 131 Kabupaten/kota, di 30 Propinsi.
SurveI ini menyasar 593 responden yang merupakan pimpinan ormas/LSM, nelayan, buruh, petani, pelaku usaha menengah, akademisi, jurnalis dan pegawai swasta.

Terungkap, dalam hasil surveI ini 67,4% responden setuju bahwa Pemerintahan Jokowi – JK telah berhasil melaksanakan Program Nawacita (9 cita-cita). Butir Nawacita yang dianggap berhasil oleh responden adalah Nawacita 3 (Membangun Indonesia dari Pinggiran: 72,9%), dan Nawacita 8 (Revolusi Karakter Bangsa: 70,3%).

Osmar Tanjung, Sekretaris Dewan Eksekutif PKP Berdikari dalam rilisnya menjelaskan 68,2% menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-program untuk Nawacita 1 tentang Kedaulatan Negara.

Khususnya dalam menjaga batas-batas wilayah Negara di darat dan di laut, serta udara, 86,2% responden menjawab Jokowi-JK berhasil.

Begitu pula dalam menjaga dan mengolah sumber daya alam khususnya di laut untuk kepentingan negara (80,8%) merupakan program yang dianggap berhasil oleh paling banyak responden.

"Untuk Nawacita 2 (Pemulihan Kepercayaan Publik pada Institusi Demokrasi) 65,8% responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-program Nawacita 2. Mendorong sistem pemilu yang lebih baik (79,6%), dan menerapkan pemberantasan korupsi dikalangan ASN (74,4%) merupakan program yang dianggap berhasil," ungkapnya, Selasa (25/3/2018).

Pada Nawacita 3 lanjutnya, membangun dari Pinggiran (Memperkuat Daerah dan Desa), sebanyak 72,9% menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-program Nawacita 3.
Membangun infrastruktur fisik yang menghubungkan antar-daerah (85,0%); dan menyalurkan dana desa sesuai amanat UU Desa (81,1%) merupakan program yang dianggap paling berhasil.

66,5%, sambung Osmar, responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-program Nawacita 4 Negara Kuat (Reformasi Sistem dan Penegakan Hukum).

"Program Indikatif “Melakukan reformasi di bidang hukum untuk mendukung upaya pemberantasan narkoba” (79,4%), dan “Meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap upaya penegakan hukum” (75%) adalah program yang dianggap berhasil oleh paling banyak responden," kata dia.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved