Breaking News:

Pilpres 2019

PDIP Suplai Masukan Visi Misi Jokowi-KH Maruf Amin Bidang Kemaritiman

Kelima, mengembangkan usaha menjual sarana produksi perikanan diserta pengembangan basis-basis pengolahan produknya.

ISTIMEWA
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Maritim Rokhmin Daruri dan Sekjen Hasto Kristiyanto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Untuk memperkuat visi misi Jokowi-KH Maruf Amin di bidang kelautan dan kemaritiman, DPP PDI Perjuangan menggelar focus group discussion (FGD) demi menemukan pembumian lebih jauh dari visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang digagas Jokowi.

Acara itu bertema "Akselerasi Industri 4.0 Berbasis Produk Kelautan dan Perikanan Indonesia", dilaksanakan di kantor DPP PDI Perjuangan, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (27/9/2-18).

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kemaritiman Rokhmin Daruri.

Hadir sebagai pembicara, diantaranya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara. Sejumlah kepala daerah di wilayah pesisir dari PDI Perjuangan juga hadir sebagai peserta. Diantaranya walikota Baubau, bupati Pulau Buru, Bengkalis, Halmahera Barat, Rokan Hilir, dan Walikota Bandar Lampung.

Dalam pernyataannya mewakili Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa bangsa Indonesia dahulu dikenal sebagai bangsa maritim. Kerajaan-kerajaan di Nusantara sudah menguasai lautan hingga bisa menguasai wilayah-wilayah di luar Indonesia masa kini.

Setelah 71 tahun merdeka, Jokowi muncul sebagai pemimpin yang menetapkan visi Poros Maritim Dunia yang masuk ke Nawacita.

Kini, jelang pilpres 2019, Jokowi berpasangan dengan KH Maruf Amin menyiapkan visi misi dalam Nawacita II. Karena PDI Perjuangan sebagai pilar pendukung paslon 01 itu, maka dirasa perlu menyampaikan gagasan-gagasan konkrit yang nanti terintegrasi dengan kebijakan pemerintahan.

"Karena itulah nanti FDG ini memberikan masukan kepada tim visi misi Jokowi terhadap agenda-agenda prioritas di bidang kelautan tersebut," kata Hasto Kristiyanto.

Dikatakannya, arah PDIP adalah mempertajam bagaimana ideologi Pancasila dibumikan melalui visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utamanya. Sebab itu, para kepala daerah yang diusung PDIP diwajibkan bekerja mendukung program Poros Maritim Dunia.

"PDIP mengambil inisiatif kepala daerah di daerah pesisir diwajibkan untuk menjalankan upaya pemberdayaan nelayan melalui budidaya kelautan dan lainnya," tukas Hasto.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved