KPK Didesak Tuntaskan Kasus Century dan BLBI

Kejaksaan Agung diperintahkan melanjutkan kembali penyidikan kasus BLBI dengan tersangka pemilik BDNI Sjamsul Nursalim

KPK Didesak Tuntaskan Kasus Century dan BLBI
TRIBUNNEWS/GLERY LAZUARDI
Acara peringatan 1 tahun putusan pra peradilan Century dan 10 tahun putusan pra pradilan BLBI Sjamsul Nursalim di depan gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Rabu (3/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntaskan kasus skandal Bank Century dan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Desakan itu disampaikan untuk memperingati tahun putusan pra peradilan Bank Century dan 10 tahun putusan pra pradilan BLBI Sjamsul Nursalim,

"Jadi, prinsipnya kami memanjatkan doa untuk bisa dan menganugerahkan karunia kepada KPK untuk menuntaskan perkara Century maupun BLBI," kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, di depan Gedung KPK, Rabu (3/4/2019).

Pada 10 April 2018 Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memutuskan mengabulkan gugatan pra peradilan terkait kasus korupsi Bank Century yang diajukan MAKI terhadap KPK.

Putusan nomor PN Jakarta Selatan Nomor 24/Pid.Pra/2018/PNJKT.SEL Tahun 2018 memerintahkan agar menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono sebagai tersangka kasus korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Baca: Ini Rahasia Carry dan Mega Carry Pick Up Rajai Penjualan Kendaraan Niaga Ringan di Indonesia

Sementara, pada 2008, PN Jakarta Selatan mengabulkan permohonan praperadilan SP3 kasus BLBI dengan tersangka Sjamsul Nursalim. Hakim tunggal Haswandi menyatakan SP3 yang terbit pada 13 Juli 2004 itu tidak sah.

Kejaksaan Agung diperintahkan melanjutkan kembali penyidikan kasus BLBI dengan tersangka pemilik BDNI Sjamsul Nursalim itu.

Baca: Ekspor Mobil CBU Toyota Naik 4 Persen, SUV Fortuner Masih Jadi Kontributor Terbanyak

"Kami kan peringatan yang pertama putusan pra peradilan Century tidak terasa sudah 1 tahun tepatnya tanggal 10 April besok. Yang, kedua juga ternyata kami pernah menang pra peradilan BLBI sudah 10 tahun yang lalu lawan Jaksa Agung. Tetapi, sekarang ditangani KPK juga," kata Boyamin.

Untuk itu, pihaknya meminta KPK agar segera mengambil langkah hukum.

"Kami mendesak, sudah dua kali kami peringatan (kasus Century) ini. Satu bulan dulu dan ini satu tahun. BLBI lebih lama lagi, dimaknai kepada KPK segera menuntaskan ini. Kami tidak hanya mendesak sambil juga memanjatkan doa," tambahnya.

Acara peringatan 1 tahun putusan pra peradilan Century dan 10 tahun putusan pra pradilan BLBI Sjamsul Nursalim yang diselenggarakan MAKI di depan gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (3/4/2019) pagi diisi dengan pembacaan Surat Yasin dan doa oleh santri dan anak yatim-piatu Masjid Al-Anshor, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tumpeng kepada perwakilan polisi dan perwakilan KPK.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved