Romahurmuziy Ditangkap KPK

KPK Periksa Karo Kepegawaian Kemenag Jadi Saksi Romy

Ahmadi akan memberikan kesaksian terkait kasus dugaan suap seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

KPK Periksa Karo Kepegawaian Kemenag Jadi Saksi Romy
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Umumm PPP Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romy keluar gedung KPK Jakarta memakain rompi tahanan usai diperiksa oleh penyidik, Sabtu (16/3/2019). Romahurmuziy ditahan oleh KPK usai ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan suap seleksi jabatan di Kementerian Agama. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama Ahmadi.

Ahmadi akan memberikan kesaksian terkait kasus dugaan suap seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RMY (Romahurmuziy)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (16/4/2019).

Belum diketahui apa yang akan digali penyidik dari Ahmadi pada pemeriksaan kali ini. Diduga, Ahmadi akan dikonfirmasi seputar dokumen yang disita oleh KPK saat menggeledah sejumlah ruangan di Kemenag beberapa waktu lalu.

‎KPK sebelumnya telah menggeledah sejumlah ruangan di Kemenag terkait kasus dugaan seleksi jabatan. Ruangan yang digeledah di antaranya, ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ruang kerja Sekjen Kemenag Nur Kholis, dan ruang kerja Kepala Biro Kepegawaian Kemenag Ahmadi.

Dari ruang kerja Menag, KPK menyita uang sebesar Rp 180 juta dan USD 30 ribu serta dokumen. Sementara dari ruangan lainnya, KPK menyita sejumlah bukti tambahan penting berupa dokumen.

‎KPK sendiri telah menetapkan mantan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy sebagai tersangka. Anggota Komisi XI DPR tersebut diduga terlibat kasus suap seleksi jabatan di Kementerian Agama tahun 2018-2019.

Romy ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim) Haris Hasanuddin.

Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin diduga telah menyuap Romy untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved