Indef Prediksi Pertumbuhan Ekonomi saat Lebaran Tahun Ini Sebesar 5,2 Persen

Pada kuartal I 2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah sebesar 5,07 persen.

Indef Prediksi Pertumbuhan Ekonomi saat Lebaran Tahun Ini Sebesar 5,2 Persen
Tribunnews/JEPRIMA
ilustrasi.Deretan gedung bertingkat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,17 persen sepanjang 2018.(Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Esther Sri Astuti memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2019 mencapai 5,2 persen.

Hal ini didorong oleh peningkatan pada tingkat konsumsi masyarakat pada saat momen lebaran 2019.

"Pemerintah akan mencairkan Rp40 triliun, di mana Rp19 triliun untuk THR (PNS, TNI, Polri) dan sisanya untuk gaji ke-13," kata Esther dalam acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2019).

"Hal itu diprediksi juga akan turut berkontribusi mendongkrak pertumbuhan ekonomi, tapi tidak lebih dari 5,2 persen," imbuhnya.

Pada kuartal I 2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah sebesar 5,07 persen.

Menurut Esther, angka itu bisa tumbuh karena biasanya pada saat ramadan dan lebaran, masyarakat membelanjakan barang seperti makanan, baju dan lainnya.

Hal tersebut diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2019.

Sementara untuk produsen, diperkirakan permintaan akan daging, telur ayam, cabe, bawang merah dan bawang putih, juga akan turut meningkat jelang perayaan lebaran tahun ini.

Dengan begitu, lanjut Esther, para produsen setidaknya tetap akan diuntungkan dengan adanya multiplier effect tersebut.

"Tapi dari sisi pertumbuhan ekonomi, sepertinya akan cenderung lebih menurun dari lebaran kemarin. Hal itu diakibatkan adanya pengaruh dari perang dagang antara AS-China, dan adanya keriuhan politik di sektor domestik," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved