Buwas Cruhat kepada DPR Ingin Punya Neraca Pangan

Budi Waseso menginginkan memiliki neraca pangan untuk menjaga ketersediaan serta menjaga kestabilan harga pangan di Tanah Air.

Buwas Cruhat kepada DPR Ingin Punya Neraca Pangan
Youtube KompasTV
Dirut Perum Bulog, Budi Waseso atau Buwas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menginginkan memiliki neraca pangan untuk menjaga ketersediaan serta menjaga kestabilan harga pangan di Tanah Air.

"Sampai saat ini kita belum punya neraca pangan, sebenarnya neraca jagung, kedelai, daging kayak apa?" ujar Buwas sapaan akrab Budi Waseso saat rapat dengan Komisi IV DPR, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, dengan memiliki neraca pangan, pemerintah dan Bulog dapat mengatasi persoalan pangan secara nasional, misalnya ketika sedang dilanda cuaca buruk.

Baca: Sekjen Partai Demokrat Pastikan Tidak Ada Kongres Luar Biasa

Baca: Ahli KPU Beberkan Keamanan Website Situng: Mau Diretas atau Dibom Juga Tidak Apa-apa

Baca: Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan, Ivan Gunawan Belikan Tas Harga Ratusan Juta untuk Ayu Ting Ting

"Jadi kita bisa mengantisipasinya kalau ada cuaca buruk, bagaimana langkah ke depan. Sehingga kita tidak mencari kambing hitam," ucap Buwas.

Buwas pun berhadap dalam menangani persoalan pangan terdapat sinergi antar kementerian dan lembaga secara solid, mengingat Bulog hanya dapat bertindak ketika mendapatkan penugasan.

Mantan Kabareskrim itu menilai tanpa sinergi dan tidak memilki data yang valid, maka bisa berakibat pada pengambilan kebijakan yang tidak tepat.

"Kita tidak punya kewenangan untuk impor, padahal yang tahu lapangan kita, kami hanya menerima penugasan. Kayak soal gula kemarin, impor tapi petani marah dan akhirnya gudang kita penuh (produk impor dan lokal)," ujarnya.

Mafia pangan

Direktur Utama Perum Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengaku telah melakukan pembenahan dalam lingkungan internal dalam memberantas praktik mafia pangan yang bekerjasama pihak luar.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved