Pilpres 2019

Ajakan Jokowi Ke Prabowo-Sandi Bukan Sinyal Bagi-bagi Kursi Kabinet

Demokrasi yang sehat adalah demokrasi yang memiliki mekanisme checks and balances.

Ajakan Jokowi Ke Prabowo-Sandi Bukan Sinyal Bagi-bagi Kursi Kabinet
Srihandriatmo Malau/Tribunnews.com
Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang menegaskan mundur dan tidak mendaftarkan diri ke KPU sebagai bakal calon Bupati Manggarai dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Hal itu disampaikannya, di kantor Formappi, Jakarta, Selasa (28/7/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pengamat Politik Sebastian Salang mengatakan ajakan Joko Widodo (Jokowi) kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak berarti sebagai bagian dari bagi-bagi jatah kabinet.

Menurut dia mendukung pemerintahan terpilih mengandung makna yang luas.

Bahkan menjadi oposisi yang konstruktif juga adalah bentuk dukungan kepada pemerintah dan demokrasi agar semakin sehat.

"Ajakan Jokowi itu, tidak dimaknai sebagai sinyal membagi kursi kabinet. Pak Jokowi paham betul bahwa jauh lebih strategis jika Gerindra berada pada posisi penyeimbang," ujar pendiri Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) tersebut kepada Tribunnews.com, Selasa (2/7/2019).

Demokrasi yang sehat adalah demokrasi yang memiliki mekanisme checks and balances.

"Pemerintahan yang sehat adalah pemerintahan yang memiliki sistem kontrol yang efektif," jelasnya.

Baca: KPAI Datangi SMPN 30 Telusuri Informasi Viral Postingan Tidak Pasang Foto Presiden

Dia melihat, ajakan Jokowi kepada Prabowo-Sandiaga lahir dari pemikiran dan semangat bahwa semua anak bangsa memiliki tujuan, niat baik dan keinginan untuk memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyat.

Karena dua pasangan calon yang ikut berkompetisi pada pilpres 2019 lalu itu memiliki visi, misi dan program untuk memajukan Indonesia.

Jadi ketika Jokowi-KH Maruf Amin menang dan memimpin Indonesia lima tahun kedepan, adalah tepat jika mengajak pasangan Prabowo-Sandi untuk bersama-sama membangun bangsa.

"Mungkin dalam visi, misi atau program Prabowo -Sandi ada yang bagus dan tidak ada pada Jokowi bisa saling melengkapi dan mendukung, toh tujuan akhirnya sama yakni utk negeri ini," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved