Seleksi Calon Pimpinan KPK

Alasan Bekas Pengacara Koruptor Ini Ikut Seleksi Capim KPK

Saut mengatakan, jika dia terpilih menjadi komisioner KPK, dia akan berusaha membenahi komisi antirasuah. Setidaknya, ada tiga hal yang ingin dibenahi

Alasan Bekas Pengacara Koruptor Ini Ikut Seleksi Capim KPK
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
Pengacara Bowo Sidik Pangarso, Saut Edward Rajagukguk di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saut Edward Rajagukguk merupakan satu dari 192 peserta yang lolos tahapan administrasi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) jilid V periode 2019-2023.

Sebagai informasi, Saut Edward adalah mantan kuasa hukum tersangka suap jasa pengangkutan anggota Komisi VI DPR Fraksi Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso.

Baca: Politikus NasDem Sangkal Nurdin Basirun Kena OTT KPK

Ia mengaku kenal betul dengan KPK.

Saut mengatakan, jika dia terpilih menjadi komisioner KPK, dia akan berusaha membenahi komisi antirasuah.

Setidaknya, ada tiga hal yang ingin dibenahi oleh Saut.

Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016). Seluruh kegiatan KPK akan pindah ke gedung baru pada akhir tahun ini. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016). Seluruh kegiatan KPK akan pindah ke gedung baru pada akhir tahun ini. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

"Pertama soal penyitaan dan eksekusi. Di UU KPK belum diatur. Saya ingin soal penyitaan dan eksekusi menjadi lebih jelas nanti jika terpilih," kata Saut kepada pewarta, Kamis (11/7/2019).

Kedua, menurut Saut hal yang harus dibenahi dari KPK adalah mengenai sistem target 200 kasus pertahun.

Saut mengatakan, target 200 pertahun ini membuat KPK seperti kejar target.

"Ini kan jadi membabibuta. Jadi hanya mementingkan kuantitas, yang terpenting banyak menangani kasus. Seharusnya lihatlah kualitas kasusnya," ungkapnya.

Halaman
1234
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved