Pemilu 2019

KPU Punya Waktu 2 Hari Perbaiki Jawaban Sebelum Sidang Agenda Berikutnya Dimulai

Selanjutnya, tepatnya mulai Senin (15/7) sidang konstitusi akan digelar untuk agenda pemeriksaan jawaban pihak Tergugat dan pihak terkait

KPU Punya Waktu 2 Hari Perbaiki Jawaban Sebelum Sidang Agenda Berikutnya Dimulai
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Komisioner KPU RI Hasyim Asyari di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Jumat (12/7/2019) ini merupakan sidang konstitusi terakhir untuk agenda pembacaan permohonan perkara sengketa hasil Pileg 2019 di Mahkamah Konstitusi.

Selanjutnya, tepatnya mulai Senin (15/7) sidang konstitusi akan digelar untuk agenda pemeriksaan jawaban pihak Tergugat dan pihak terkait.

Baca: Hari Ini, Mahkamah Konstitusi Gelar 59 Perkara Gugatan Pileg 2019

SIDANG PHPU---Suasana sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Sidang PHPU  dibagi  atas  tiga panel hakim konstitusi yang masing-masing terdiri atas 3 orang ini  menangani 260 perkara tergistrasi.    Sidang  perdana tersebut beragenda pemeriksaan pendahuluan atau memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan serta pengesahan alat bukti. (Warta Kota/Henry Lopulalan)
SIDANG PHPU---Suasana sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Sidang PHPU dibagi atas tiga panel hakim konstitusi yang masing-masing terdiri atas 3 orang ini menangani 260 perkara tergistrasi. Sidang perdana tersebut beragenda pemeriksaan pendahuluan atau memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan serta pengesahan alat bukti. (Warta Kota/Henry Lopulalan) (Wartakota/Henry Lopulalan)

Meski sudah menyampaikan jawaban sedari awal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai Termohon akan kembali menyampaikan jawaban perbaikan seiring dengan adanya perkembangan dalam sidang.

"Untuk KPU kan sebetulnya jawaban sudah disampaikan terakhir Jumat, seminggu lalu. Alat bukti juga sudah disampaikan. Tetapi majelis memberikan kesempatan perbaikan jawaban mengingat perkembangan di dalam persidangan," kata Komisioner KPU RI Hasyim Asyari di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

Kesempatan memberikan jawaban perbaikan dilakukan paling tidak dua hari sebelum jadwal sidang agenda pemeriksaan dimulai dari masing-masing permohonan Pemohon.

"Misalkan sidang hari Senin depan itu berarti maksimal penyampaiannya dua hari sebelumnya berarti kan hari kamis kemarin. Karena hitungannya di MK ini kan hari adalah hari kerja," katanya.

"Jadi nanti (KPU) memasukan lagi (perbaikan jawaban) ada yang hari Senin ada yang hari Selasa," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 340 permohonan diajukan ke MK pada masa pengajuan permohonan pada akhir Mei lalu.

MK meregistrasi permohonan tersebut menjadi 260 perkara.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved