Kabinet Jokowi

PKB Ngebet Ambil Lagi Jatah Kursi Menteri Desa, DPP Kirim Nama Kandidatnya ke Jokowi

"Nggak mungkin PKB tidak mengirimkan nama kualifikasi menteri yang sesuai kopetensi menteri yang ada di Kemendes."

PKB Ngebet Ambil Lagi Jatah Kursi Menteri Desa, DPP Kirim Nama Kandidatnya ke Jokowi
TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA
Ketua DPP PKB Lukman Edy 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy memastikan partainya akan mengirim nama untuk mengisi sejumlah menteri termasuk Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Menurut Lukman, meski saat ini sejumlah partai koalisi disebut tengah mengincar posisi Menteri Desa, ia optimis lebih punya PKB ketimbang parpol lain dalam mengurus urusan desa.

"Nggak mungkin PKB tidak mengirimkan nama kualifikasi menteri yang sesuai kopetensi menteri yang ada di Kemendes, karena selama ini portofolio kita ada di situ," kata Lukman Edy di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy
 Lukman Edy 

Lukman mencontohkan, bagaimana PKB memiliki pengalaman dalam mengelola pemerintahan terkait desa mulai dari Kementrian Kawasan Indonesia Timur, Kementrian Pembanguan Daerah Tertinggal hingga menjadi Kemendes PDTT.

Meski demikian, kata Lukman, penunjukan posisi Mendes PDTT menjadi kewenangan dan hak preogratif presiden Joko Widodo.

Sebab, tak menutup kemungkian  posisi itu, lanjut Lukman, diisi oleh kalangan Paprol, profesional, akademisi, birokrat atau TNI-Polri.

"kita serahkan sepenuhnya ke Pak Jokowi untuk menetukan hak preogratifnya untuk menentukan siapa yang cocok di Kemendes PDTT,"jelasnya. 

Sebelumnya, Partai politik pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf diperkirakan bakal mengincar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, kementerian tersebut sebelumnya hanya diincar beberapa partai politik, salah satunya PKB yang basis massanya banyak berada di desa-desa.

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved