Buka IDF 2019, Wapres JK Dorong Inovasi Bidang Teknologi

JK mendorong masyarakat tak hanya menjadi konsumen tetapi menemukan inovasi teknologi.

Buka IDF 2019, Wapres JK Dorong Inovasi Bidang Teknologi
Rina Ayu/Tribunnews.com
Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka kegiatan Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka kegiatan Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Dalam kesempatan itu, JK mendorong masyarakat tak hanya menjadi konsumen tetapi menemukan inovasi teknologi.

"Itulah (teknologi) kunci daripada memenuhi kebutuhan masa depan dengan masa kini sebagai landasannya. Keinginan kita semua perencanaan menjadi bottom up, bukan hanya dari atas ke bawah. Saya harap ini dapat memberikan ide dan memberikan inovasi yang baru yang kemdian membuat tindakan-tindakan," ujar dia.

JK menyebut salah satu inovasi teknologi yang paling dirasakan masyarakat adalah kehadiran aplikasi jasa transportasi Gojek.

Baca: Ketika Sejumlah Politisi Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Menolak Wacana Menteri dari Non-Koalisi

Ia menuturkan, startup milik Nadeem Makarim itu mengubah kehidupan berumah tangga maupun generasi muda.

"Kita tentu juga tidak ingin hanya menjadi konsumsi daripada teknologi, tapi kita juga harus menjadi bagian dari inovasi teknologi tersebut," kata JK.

Dirinya menambahkan, perencanaan ke depan Indonesia tentu memerlukan ide-ide yang berasal dari masyarakat.

"Inti perencanaan suatu negara adalah keinginan bersama untuk kemakmuran bangsa ini," tambah dia.

Forum IDF merupakan forum dua hari yang diinisiasi oleh Kementerian PPN/Bappenas yang bekerja sama dengan Pemerintah Australia, melalui Knowledge Sector Initiative (KSI).

Forum yang dihadiri oleh lebih dari 250 pembicara dalam dan luar negeri ini, diharapkan menjadi wadah bertemu, bertukar gagasan dan mencari solusi tantangan pembangunan Indonesia, bagi praktisi pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba.

Tahun ini, IDF 2019 mengangkat tema “Mission Possible: Memanfaatkan Peluang Pekerjaan Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif”.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved