KRI Kerambit-627 Resmi Perkuat Alutsista TNI AL

Nama KRI Kerambit-627 diambil dari senjata tradisional Minangkabau yang dinobatkan sebagai senjata yang paling mematikan di dunia.

KRI Kerambit-627 Resmi Perkuat Alutsista TNI AL
Dispenal
Alutsista TNI Angkatan Laut resmi diperkuat kapal perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) berukuran 60 meter yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia (Persero) yang diberi nama KRI Kerambit-627. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Alutsista TNI Angkatan Laut resmi diperkuat kapal perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) berukuran 60 meter yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia (Persero) yang diberi nama KRI Kerambit-627.

Nama KRI Kerambit-627 diambil dari senjata tradisional Minangkabau yang dinobatkan sebagai senjata yang paling mematikan di dunia.

Persemian tersebut ditandai dengan acara serah terima, upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI, Kamis (25/7/2019) di Dermaga Divisi kapal PT PAL Indonesia, Ujung Koarmada II, Surabaya, Jatim.

Sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan berita acara penyerahan KRI dari Dirut PT PAL Indonesia Budiman Saleh kepada Kabaranahan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI Mayor Jenderal TNI Budi Prijono dan diserahterimakan kepada Aslog Panglima TNI Marsekal Muda TNI Kukuh Sudibyanto.

Baca: Ucapkan Alhamdulillah untuk Dimas Seto yang Kini Berusia 40 Tahun, Teuku Wisnu Singgung soal BPJS

Baca: Hasil Jepang Open 2019: Tersisa 8 Wakil Merah Putih yang Siap Berjuang di Babak Perempat Final

Baca: 3 Hari di Penjara, Jefri Nichol Mengaku Banyak Pikiran

Berita acara tersebut kemudian berturut-turut diserahkan ke Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto dan terahir diserahkan ke Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Penandatanganan berita acara penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan perwakilan PT PAL Indonesia.

Ryamizard, dalam amanatnya saat acara peresmian tersebut, mengatakan bahwa penyerahan KRI Kerambit-627 ini merupakan bagian dari konsep pembangunan kekuatan pertahanan dalam strategi pertahanan lnegara menuju kemandirian industri pertahanan.

“Kehadiran kapal KCR ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AL sebagai komponen utama dalam konsep sistem pertahanan rakyat semesta yang memiliki tanggung jawab besar menjaga kedaulatan, keutuhan dan kewibawaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Ryamizard sebagaimana disampaikan dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Kamis (25/7/2019).

Ia juga mengatakan KRI Kerambit-627 dapat meningkatkan efek gentar dan daya tempur relatif pertahanan Indonesia

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved