HUT Kemerdekaan RI

Bolehkah Paskibraka Putri Pakai Celana Panjang? Ini Kata Anggota Komisi X DPR

Menurut Anggota Komisi X DPR fraksi Golkar, Marlinda Irwanti, tak ada larangan penggunaan celana panjang bagi anggota Paskibraka.

Bolehkah Paskibraka Putri Pakai Celana Panjang? Ini Kata Anggota Komisi X DPR
Alex Suban/Alex Suban
Anggota Paskibraka 2017 Ruth Cheline Eglesya Purba (depan) asal Sumatera Utara dan Farza Putri Salsabila asal Jawa Timur membawa bendera pusaka dari Monas ke Istana Medeka pada upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Hari Kemerdekaan RI ke-73 di Istana Merdeka, Jumat (17/8/2018) pagi. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPR melalui Komisi X meminta masyarakat tak perlu mempermasalahkan pemakaian celana panjang oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 putri.

Hal itu merespons kabar kebijakan baru terkait busana yang dipakai jelang Upacara Kenegaraan HUT ke-74 RI yang akan digelar 17 Agustus mendatang.

Keputusan tersebut diberlakukan bagi anggota putri yang berhijab saja.

Menurut Anggota Komisi X DPR fraksi Golkar, Marlinda Irwanti, tak ada larangan penggunaan celana panjang bagi anggota Paskibraka.

"Tanggapan saya pribadi sebagai Anggota Komisi X, tidak ada permasalahan mendasar dalam penggunaan celana panjang," katanya kepada Tribunnews.com, Senin (29/7/2019).

68 Paskibraka Nasional 2019 saat menghadiri pembukaan pendidikan dan pelatihan Paskibraka Nasional di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2019).
68 Paskibraka Nasional 2019 saat menghadiri pembukaan pendidikan dan pelatihan Paskibraka Nasional di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2019). (Abdul Majid)

Baca: Keputusan Paskibraka Nasional Putri Pakai Celana Panjang Didahului oleh Kajian dan Serap Aspirasi

Ia mengatakan, banyak para anggota instansi Kepolisian yang menggunakan hijab juga memakai celana panjang saat bertugas ataupun di kala menghadiri upacara.

Yang terpenting baginya, tetap mengutamakan etika dan sopan santun dalam berbusana.

"Kalaupun menjadi tradisi, tidak ada permasalahan yang penting pakaian tersebut tetap juga menghormati tradisi soapn santun dan etika yamg menggunakan hijab atau jilbab," pungkasnya.

Polemik celana panjang

Jelang Upacara Kenegaraan HUT Ke-74 RI yang akan digelar pada 17 Agustus mendatang, kabar kebijakan baru terkait busana yang dikenakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 Putri pun terus 'hangat' diperbincangkan.

Halaman
123
Penulis: chaerul umam
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved