Eksklusif Tribunnews

Rencana Rekrut Dosen dan Rektor Asing, Menristekdikti: Selama Ini Syarat Jadi Rektor Terlalu Rendah

Peluang merekrut rektor asing karena kita harus memberi tantangan kepada rektor-rektor Indonesia karena selama ini syaratnya terlalu mudah.

Rencana Rekrut Dosen dan Rektor Asing, Menristekdikti: Selama Ini Syarat Jadi Rektor Terlalu Rendah
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir akan segera mengimplementasikan rencana perekrutan dosen dan rektor asing pada 2020 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir akan segera mengimplementasikan rencana perekrutan dosen dan rektor asing pada 2020 mendatang.

Ia mengatakan pihak Kemenristekdikti baru akan menerapkan perekrutan dosen dan rektor asing pada dua sampai lima perguruan tinggi, baik negeri atau swasta di Indonesia hingga tahun 2024.

Nasir menjelaskan masyarakat Indonesia, terutama akademisi tak perlu panik menghadapi rencana tersebut karena menurutnya kolaborasi dengan dosen dan rektor asing mampu meningkatkan persaingan serta mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Ia pun menjelaskan tak sembarangan dosen dan rektor asing yang akan direkrut dengan memperketat persyaratannya.

Berikut petikan wawancara Tribunnews.com dengan Muhammad Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Tribun: Kenapa kebijakan impor dosen dan rektor asing perlu dilakukan?

Perlu saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia bahwa perekrutan dosen dan rektor asing bukan hal yang aneh, itu perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetisi dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia.

Kalau tidak ada kompetisi tersebut bisa jadi perguruan tinggi kita tak pernah menjadi perguruan tinggi tingkat dunia.

Kita harus melihatnya dalam sudut pandang positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kita, dan kebijakan ini sudah dilakukan di negara-negara lain yang memiliki perguruan tinggi kelas internasional.

Halaman
1234
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved